JAKARTA – Warrent Buffet adalah orang terkaya ketiga di dunia. Berdasarkan riset Wealth X, dia memiliki kekayaan USD60,7 miliar atau setara dengan sekitar Rp841 triliun (dalam Rp13.870).

Buffet mendapatkan kekayaannya dengan diversifikasi investasi. Ia memulai investasi sejak usia muda. Umur 11 tahun Buffet memulai invetasi pertamanya pada Cities Service Preferred senilai USD38 per lembar dan mendapatkan keuntungan sebesar USD5. Buffett bekerja sebagai analis sekuritas di awal 1950-an sebelum memulai perusahaan investasinya sendiri.

Dia membeli perusahaan tekstil Berkshire Hathaway pada tahun 1969, kemudian mengubahnya menjadi sebuah perusahaan induk yang menjadi rumah bagi banyak investasi menguntungkan dan mendapatkan kekayaan besar sehingga dijuluki “The Oracle of Omaha”. Demikian dilansir dari Business Insider.

Buffett brinvestasi di sejumlah perusahaan, termasuk Coca-Cola, American Express, Geico, Dairy Queen, dan General Motors. Pada bulan Agustus 2015, Ia mengumumkan akuisisi terbesar yang pernah dilakukan yaitu perusahaan produsen komponen pesawat, Precision Castparts dengan nilai USD37,2 miliar atau sekitar Rp483 triliun.

Berteman baik dengan pendiri Microsoft, Bill Gates, mereka menciptakan The Giving Pledge, sebuah organisasi para miliarder untuk memberikan setidaknya setengah dari kekayaan mereka untuk amal.

(mrt)

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/01/27/320/1298701/warren-buffett-orang-terkaya-ketiga-dunia-punya-rp841-triliun