RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Pergerakan pasar mata uang di hari Selasa(30/6), dollar AS terpantau mengalami sedikit penguatan terhadap yen setelah ditutup melemah di sesi sebelumnya ketika melambatnya pertumbuhan pasar perumahan Amerika.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, USDJPY menguat 0.03% dengan berada pada level 122.57. Sejak pagi ini, pasangan tersebut terpantau menyentuh level ?122.51 untuk sesi terendah harian dan level 122.73 untuk sesi tertinggi harian.

Dollar AS terlihat mencoba kembali untuk menyusun penguatan terhadap yen ketika permintaan greenback menurunan akibat melambatnya pertumbuhan pasar perumahan di wilayah Amerika. Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh National Association of Realtors menyatakan bahwa penjualan rumah tertundah di wilayah AS telah mengalami kenaikan sebesar 0.9% di bulan Mei setelah alami kenaikan sebesar 2.7% di bulan April. Laporan tersebut seketika telah mengakibatkan penurunan bagi dollar AS untuk alami pelemahan terhadap yen.

Sementara itu, para pelaku pasar nantinya akan segera dihadapkan dengan serangkaian laporan ekonomi Jepang yang meliputi sebuah data rata ?rata upah pekerja pada pukul 08.30 waktu Jakarta. Sejalan laporan ekonomi tersebut, apabila memperlihatkan tengah terjadinya peningkatan pemulihan ekonomi Jepang maka dollar AS berpeluang kembali melanjutkan penurunan terhadap yen. Namun sebaliknya jika terjadinya hambatan pertumbuhan ekonomi Jepang maka dollar AS berpotensi mengalami penguatan.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/usdjpy-coba-bangkit-di-sesi-pagi/