RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras, telah mengumumkan bahwa dia mengundurkan diri dan menyerukan diadakannya pemilihan umum dini. Mr Tsipras, yang dipilih pada bulan Januari, mengatakan ia memiliki kewajiban moral untuk pergi ke tempat pemungutan suara sekarang untuk masalah bailout ketiga telah diamankan bersama dengan kreditur Eropa. Tanggal pemilihan yang belum diatur namun laporan sebelumnya menyarankan agar diadakan tanggal 20 September. Mr Tsipras akan memimpin partai kiri Syriza kiri untuk memenangkan jajak pendapat, namun dia menghadapi perlawanan dari beberapa anggota partai yang tidak menerima langkah-langkah penghematan bailout tersebut.

Tsipras harus menyetujui pemotongan beberapa anggaran sektor publik yang menyakitkan, termasuk reformasi dana pensiun, sebagai kebijakan yang akan dijadikan bahan pertukaran untuk mendapatkan bailout dan menjaga Yunani tetap berada di zona euro. Yunani menerima ? 13 miliar pertama ($ 14.5 miliar ) bailout pada hari Kamis setelah disetujui oleh parlemen Eropa. Ini akan memungkinkan Yunani untuk membayar ? 3.2 miliar utang kepada Bank Sentral Eropa dan menghindari default yang akan menambah berantakan negara tersebut. Paket bailout secara keseluruhan bernilai sekitar ? 86 miliar selama tiga tahun.

Alexis Tsipras membuat pengumuman dalam pidato kenegaraan di televisi Yunani pada hari Kamis. ?Mandat politik dari pemilu 25 Januari telah melampaui batasnya dan sekarang orang-orang Yunani harus menerimanya kembali,? ujarnya. ?Aku ingin jujur ??kepada Anda. Kami tidak mencapai kesepakatan yang kami harapkan sebelum pemilu Januari.? Mr Tsipras mengatakan ia akan meminta persetujuan rakyat Yunani untuk melanjutkan program pemerintahnya.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/tsipras-mundur-dan-menyerukan-pemilihan-dini/