PT Rifan Financindo – JAKARTA – Bagi seorang karyawan, suatu perencanaan keuangan sejak dini merupakan suatu hal penting. Adapun tujuannya adalah agar keuangan selalu sehat, terencana, dan teratur hingga masa yang akan datang. Lantas, seberapa penting evaluasi atas perencanaan keuangan yang telah Anda buat?

Perencana Keuangan Andy Nugroho mengatakant ujuan evaluasi terhadap perencanaan keuangan adalah agar Anda bisa mengetahui di mana posisi Anda sekarang dibandingkan tujuan yang hendak dicapai.

“Maksudnya adalah semisal dalam kita berkeinginan bahwa dalam tempo lima tahun ke depan kita sudah memiliki rumah pribadi serta jumlah utang menjadi minim. Maka, paling tidak tiap akhir tahun kita mengevaluasi apakah dana yang kita kumpulkan untuk membayar DP rumah tersebut sudah semakin banyak terkumpul serta utang-utang yang ada juga sudah semakin berkurang jumlahnya, ataukah justru sebaliknya,” ucapnya kepada Okezone di Jakarta.

Menurut Andy, adapun waktu yang ideal untuk melakukan evaluasi terhadap perencanaan keuangan adalah setahun sekali. Akan tetapi, jika Anda ingin mengevaluasinya setiap enam bulan sekali pun bisa.

Financial check up alias evaluasi terhadap perencanaan keuangan yang kita buat adalah setahun sekali, atau bila memang ingin lebih terarah dan disiplin lagi bisa dilakukan tiap enam bulan sekali,” tuturnya.

Hal yang dilakukan ketika melakukan evaluasi perencanaan keuangan biasanya dengan menghitung ulang besaran aset dan dana yang Anda miliki, jumlah utang dan kewajiban yang ada.

“Apakah kita sudah mulai berinvestasi, berapa banyak investasi yang dilakukan, dan tentu saja apakah sudah mengarah ke tujuan yang diinginkan,” tukasnya.

(rai)

Sumber : Okezone