JAKARTA ? Pada saat memasuki tanggal gajian, tentunya Anda telah memiliki sederet rencana pengeluaran. Pengeluaran prioritas berdasarkan kebutuhan hingga pengeluaran tak terduga yang belum dialokasikan pun biasanya dibebankan pada gaji setiap bulan.

Khususnya bagi Anda yang tidak memiliki penghasilan tambahan, tentunya akan sangat berisiko apabila gaji yang Anda terima hanya digunakan untuk kebutuhan pada awal bulan. Apalagi, sesuatu Anda beli bukanlah kebutuhan prioritas.

Untuk itu, Anda perlu memiliki trik agar gaji yang Anda terima setiap bulannya cukup untuk kehidupan selama satu bulan. Salah satunya adalah dengan menetapkan pengeluaran per hari berdasarkan 90 persen dari total gaji.

?Mengapa 90 persen? Karena 10 persen harus dialokasikan untuk tabungan dan emergency fund. Jadi dana alokasi kehidupan per bulan ini sebesar 10 persen,? kata Perencana Keuangan Mike Rini kepada Okezone.

Sebagai contoh, apabila Anda memiliki gaji Rp4 juta per bulan, maka Anda harus menyisihkan Rp400 ribu per bulan untuk tabungan. Dengan begitu, Anda memiliki Rp3,6 juta untuk kebutuhan hidup per bulannya.

[Baca juga: Gaji Terbatas, Hindari Gonta Ganti Gadget!]

Setelah menyisihkan dana tabungan, kata Rini, Anda perlu membagi dana sebesar Rp3,6 juta tersebut dengan 30 hari. Artinya, dana pengeluaran per harinya mencapai sekira Rp120 ribu per hari.

?Dana Rp100 ribuan itu yang harus digunakan, tidak boleh lebih. Mau tidak mau harus cukup. Kalau tidak begitu, maka pengeluaran per bulannya akan lebih besar,? ungkap Rini.

Namun, bagi Anda yang masih belum berkeluarga, maka anggaran tabungan yang disisihkan dapat mencapai 30 persen. Artinya, apabila Anda memiliki gaji Rp4 juta per bulan, maka anggaran tabungan yang dapat Anda sisihkan mencapai Rp1,2 juta per bulan. Sehingga, dana yang dapat Anda gunakan dalam kehidupan per bulannya adalah sebesar Rp3,8 juta per bulan atau sekira Rp126.000 per hari.

?Kalau single kan pengeluarannya tidak besar. Bisa menabung hingga 30 persen dari gaji. Berbeda dengan orang yang sudah berkeluarga yang hanya dapat menyisihkan 10 persen dari gaji,? jelasnya.

[Baca juga: 9 Kesalahan Saat Atur Keuangan]

Dengan begitu, Anda dapat mengalihkan belanja bulanan Anda menjadi belanja harian sesuai kebutuhan. Apabila Anda tetap membutuhkan anggaran belanja pada awal bulan, maka anggaran per hari yang telah dialokasikan harus dipangkas berdasarkan besaran anggaran belanja bulanan.

(rai)

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/04/22/320/1369924/trik-hemat-pastikan-gaji-anda-cukup-30-hari-ke-depan