JAKARTA ? Bank Indonesia (BI) kembali menurunkan tingkat suku bunga (BI Rate) sebesar 25 basis poin di level 7 persen ditahun 2016.

Disisi lain, mengenai isu jaminan kereta cepat Jakarta-Bandung yang diminta oleh China, Menteri Keuangan menegaskan tidak ada jaminan finansial dalam APBN.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah kembali ke Tanah Air dari lawatannya di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat, 14-19 Februari 2015 lalu dengan membawa tiga “oleh-oleh”.

Disamping polemik ekonomi negara, terdapat pula berita mengenai 10 anak muda kaya raya berkat main game Dota 2 dan 14 bangunan arsitektur terbaik di dunia. Ada pula info mengenai perkiraan 100 tahun mendatang akan ada kota bawah laut dan gedung pencakar bumi.

Beragam berita tersebut menjadi topik yang mengambil perhatian para pembaca kanal Okezone.com dalam sepekan kemarin. Berikut berita selengkapnya.

Suku Bunga BI Turun Lagi ke 7%

Bank Indonesia (BI) baru selesai menggelar Rapat Dewan Gubernur (RDG). Berdasarkan hasil rapat yang digelar sejak kemarin, BI telah memutuskan untuk menurunkan tingkat suku bunga (BI Rate) sebesar 25 basis poin di level 7 persen. Ini kedua kalinya BI telah menurunkan suku bunga di tahun ini.

Keputusan BI menetapkan tingkat suku bunga ini seiring dengan perkiraan dari berbagai pihak, baik dari lembaga eksekutif, legislatif maupun pelaku pasar. Di mana diyakini BI mempunyai ruang yang cukup untuk menurunkan BI Rate.

100 Tahun Lagi, Bakal Ada Kota Bawah Laut dan Gedung Pencakar Bumi

Samsung membentuk sebuah tim yang terdiri dari akademisi dan futurologi untuk memprediksikan tentang kehidupan 100 tahun yang akan datang. Pada waktu tersebut, kota dalam air, bangunan pencakar bumi, dan rumah tiga dimensi tidak hanya menjadi utopia semata.

Dikutip dari Emirates247, Kamis 18 februari 2016, dalam laporan yang bertajuk The SmartThings Future Living, manusia nantinya akan memiliki pilihan untuk dapat tinggal di kota di dalam air, dengan 25 lantai ke bawah tanah, rumah tiga dimensi, manusia dapat menjajah Bulan dan Mars dengan mudah di kehidupan 100 tahun yang akan datang, serta manusia akan mendapati rumah pintar dengan dinding layar LED yang dapat diubah sesuai dengan suasana hati.

10 Anak Muda Kaya Raya Berkat Main Game Dota 2

E-Sports pun mencatat ada 100 pemain dengan pendapatan keseluruhan tertinggi dari beberapa game yang kompetitif seperti Defence of The Ancient (DOTA) 2. Dari daftar tersebut, ada 10 pemain yang telah mendapatkan lebih dari USD10 juta dari game tersebut. Berikut daftarnya seperti dilansir dari businessinsider.

10. Zhang “Mu” Pang, dengan pendapatan USD1,193 juta dari 37 turnamen

9. Wang ‘Sansheng’ Zhaohui, dengan pendapatan USD1,205 juta dari 45 turnamen

8. Jiao ‘Banana’ Wang, dengan pendapatan USD1,211 juta dari 42 turnamen

7. Chen ‘Hao’ Zhihao, dengan pendapatan USD1,562 juta dari 47 turnamen

6. Sumail Hassan, dengan pendapatan USD1,64 juta dari 8 turnamen

5. Zhang “xioa8″ Ning, dengan pendapatan USD1,662 juta dari 44 turnamen

4. Clinton “Fear” Loomis, dengan pendapatan USD1,735 juta dari 44 turnamen

3. Kurtis “Aui_2000″ Ling, dengan pendapatan USD1,881 juta dari 47 turnamen.

2. Peter “ppd” dager, dengan pendapatan USD1,961 juta dari 33 turnamen.

1. Saahil “UNIVeRsE” Arora , dengan pendapatan USD1,964 juta dari 39 turnamen.

14 Bangunan Arsitektur Terbaik di Dunia

ArchDaily, sebuah portal arsitektur dunia, baru-baru ini mengumumkan para pemenang Building of the Year Award 2016. Lebih dari tiga ribu proyek yang diajukan, namun hanya ada 14 bangunan yang terpilih sebagai arsitektur terbaik, indah, dan kreatif.Berikut 14 bangunan dengan arsitektur terbaik di dunia.

1. Cultural Architecture ? Harbin Opera House, China

2. Religious Architecture ? Ribbon Chapel, Jepang

3. Interior Architecture ? House of Vans London, Inggris

4. Hospitality Architecture ? Cella Bar, Portugal

5. Educational Architecture ? School of Architecture at the Royal Institute of Technology, Swedia

6. Offices ? Intesa Sanpaolo Office Building, Italia

7. Sports Architecture ? Matmut Atlantique Stadium, Prancis

8. Housing ? The Great Wall of WA, Australia

9. Industrial Architecture ? Factory in the Earth, Malaysia

10. Commercial Architecture ? Miu Miu Aoyama Store, Jepang

11. Public Architecture ? Community Kitchen of Terras da Costa, Portugal

12. Healthcare Architecture ? Partners In Health Dormitory, Ruwanda

13. Refurbishment ? House in Guimar?es, Portugal

14. Houses? Vila Matilde House, Brasil

Soal Kereta Cepat, Menkeu: Tidak Ada Jaminan Finansial dalam APBN

Beberapa waktu lalu, publik dikejutkan dengan kabar yang menyatakan bahwa China meminta jaminan kepada pemerintah untuk pembangunan proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung. Pasalnya, salah satu alasan awal dari pemerintah untuk memilih China sebagai pemenang tender kereta api cepat adalah karena tidak adanya jaminan yang diminta oleh China.

Menanggapi isu ini, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menuturkan hingga saat ini, pemerintah hanya memberikan surat jaminan kelaikan usaha yang dibutuhkan oleh para investor. Bambang menegaskan, saat ini tidak terdapat jaminan finansial bagi proyek kereta api cepat dalam APBN 2016. Sehingga, masyarakat tidak perlu khawatir terhadap isu jaminan yang diminta oleh China kepada pemerintah Indonesia dalam proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung.

Tiga “Oleh-Oleh” Jokowi dari Negeri Paman Sam

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali di Tanah Air dari lawatannya di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat, 14-19 Februari 2015 dengan membawa tiga “oleh-oleh”.

Dalam keterangannya kepada pers seusai mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta, Jumat 19 Februrari 2016, Presiden menyebutkan tiga hal tersebut adalah memastikan hasil KTT ASEAN-AS bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat ASEAN, AS, dan dunia, keberpihakan pemerintah pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam era media informasi digital dan menekankan perdamaian pada perdamaian kawasan dan internasional.

(rzy)

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/02/21/320/1317660/top-bisnis-of-the-week-jokowi-ke-as-dan-bi-rate-7?page=3