PT Rifan Financindo – JAKARTA ? Punya rumah di lokasi strategis, seperti dekat perkantoran, pabrik industri atau perguruan tinggi bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda. Ya, di sewakan saja!

Tempat kost tidak melulu harus terdiri dari banyak kamar. Rumah dengan dua atau tiga kamar tidur pun sudah bisa dimanfaatkan untuk tempat kost.

Tidak perlu menyewakan unit rumah sepenuhnya, Anda masih bisa berbagi dengan penyewa dengan menyulap sebagian ruang menjadi unit kost.

Meski begitu, ada banyak kekurangan dan kelebihan dari berbagi unit hunian dengan para penginap kost.

Mulai dari resiko keamanan, sampai dengan kenyamanan bertempat tinggal. Namun melihat peluang bisnis kontrakan yang menggiurkan, tidak ada salahnya mencoba ?bisniskan? rumah Anda untuk menghasilkan pemasukan pasif bulanan.

Untuk lebih memaksimalkan keuntungan dari bisnis indekost di hunian pribadi, simak beberapa tips yang dikutip dari foxnews.com berikut ini.

  • Hitung berapa tarif sewa yang pas

Umumnya mereka yang pertama kali menyewakan unit properti masih belum dapat menentukan tarif yang pas. Sebagian ada yang berpikir kalau tarif sewa harus mampu menutup biaya cicilan bulanan (untuk rumah yang masih dalam proses cicilan KPR).

Padahal sebenarnya setiap daerah punya tarif yang berbeda-beda, sesuai dengan spesifikasi kamar dan fasilitas kost yang disediakan.

Jika ingin mematok harga kost bulanan yang cukup tinggi, Anda bisa memberikan jasa tambahan misalnya gratis cuci laundry atau sarapan.

Intinya lakukan dulu riset harga sewa dengan cara bertanya kepada orang sekitar atau melakukan riset lewat website sewa properti.

  • Menyeleksi calon penyewa

Memilih penyewa yang tepat akan memberi Anda banyak keuntungan. Anda bisa memilih penyewa yang tidak jorok, punya kemauan menjaga fasilitas bersama, dan menghormati sesama penghuni.

Dengan demikian, Anda bisa meminimalisir biaya perawatan dan masalah lainnya. Selain itu, pembayaran tagihan pun lancar.

Ajukan beberapa pertanyaan mengenai latar belakang mereka agar tidak salah menerima ?anggota keluarga baru? di rumah Anda.

  • Tentukan untuk menggunakan jasa broker atau tidak

Tidak mudah menemukan calon penyewa yang baik jika tidak dibantu oleh broker atau media iklan properti yang mumpuni.

Apalagi jika rumah Anda berlokasi cukup terpencil dari tepi jalan atau tertutup oleh beberapa indekost lain yang lebih bervariatif.

(rzk)

Sumber : Okezone