1. Jangan berhenti untuk belajar sesuatu
Membaca, melakukan kegiatan kuliah, ekstrakulikuer disekolah, adalah tempat sumber informasi. Carilah topik yang menarik minat dan terjunkan diri untuk masuk kedalamnya, karena tidak hanya menghafal, tetapi dengan melakukan dan merasakan membuat otak lebih cepat mengingat, salah satu kejadian yang sering orang bilang pengalaman tidak terlupakan adalah salah satu kegiatan yang melibatkan fungsi otak dan dengan cara berangsur-angsur.

2. Menyaring informasi
Banyak informasi yang sulit untuk difahami, karena informasi yang mereka jelaskan hanya yang mereka mengerti untuk dirinya sendiri, tetapi tidak ada salahnya semua informasi yang didapat ditulis dan fahami dengan bahasa sendiri dan rumus sendiri, hal ini juga bisa digunakan dalam kegiatan kuliah, yang menggunakan bahasa atau kode yang sulit dimengerti, dan tanyakan pada dosen materi yang tidak difahami lalu gunakan bahasa sendiri agar bisa lebih diingat.

3. Menjalin sosial dengan banyak teman
Dengan menjalin sosial dengan banyak teman atau dengan keluarga dapat meningkatkan daya fungsi otak, selain saling bertukar fikiran, dengan bersosialisasi pun akan selalu mendapatkan berbagai info yang menarik. Karena otak dari berbagai orang lebih berguna dibandingkan berfikir dengan 1 otak saja. Hal ini bisa digunakan dalam meeting, untuk mendapatkan suatu hal secara musyawarah dan pendapat-pendapat dari berbagai orang maka terjadi suatu keputusan yang sangat relevan. Tetapi lebih bagus untuk berteman dan bergaul dengan orang-orang yang tepat. Karena dalam pergaulan terbentuk suatu bentuk psikologi anak.

4. Membuat kebiasaan baru
Membuat kebiasaan baru contoh, bangun lebih pagi dan menghirup udara pada pagi hari. Atau melakukan suatu kegiatan dengan tangan kiri, seperti yang dilakukan Leonardo Da Vinci, ia melakukan segala cara agar daya fungsi otak seimbang. Atau menggunakan warna yang digemari ditempat meja belajar. Atau membiasakan belajar atau membaca 30 menit perhari. Apapun kebiasaan baru itu, lakukan kebiasaan yang lebih positif.

5. Gunakan gambar atau permainan
Ketika seseorang susah untuk mengingat daya fungsi otak tidak mampu untuk menyimpan suatu informasi, sehingga dibutuhkan beberapa hal yang sekiranya membantu agar ingat. Gunakan gambar, contohnya ketika dosen memberi suatu materi yang rumit dan susah diterima apalagi dicerna otak, pejamkan mata dengan kata tersebut lalu sisipkan gambar yang disukai dimateri tersebut, lalu tulis dibinder sebagai materi tertulis. Atau bisa juga menggunakan permainan, contoh lagu, pelajaran musik ditengah materi pembelajaran hanya ditemukan ketika SD. Contoh untuk mengingat 5 orang nama dalam 1 menit sangat susah, tetapi bila 5 nama tersebut dimasukkan lagam lagu, tidak sedikit orang yang ingat 5 nama tersebut. Dan permainan teka-teki silang, catur juga dapat melatih otak.

6. Aktif belajar
Dengan belajar aktif dapat menambah fungsi otak, bila belajar pasif kemungkinan otak hanya mengingat pada waktu singkat dan beberapa minggu bisa lupa lagi pada materi tersebut. Maka kembangkan belajar kelompok disekolah, atau langsung praktek. Bila anak sekolah mereka melakukan kerja kelompok untuk mendapatkan suatu informasi, tetapi tidak hanya diam dan mengumpulkan materi, mereka juga terjun untuk mengetahui informasi tersebut sehingga mereka dapat informasi yang lebih detail. Untuk mahasiswa mereka bisa melakukan praktek langsung, contoh mahasiswa T.I belajar C++, dan mengalami kebingungan, catat materi dasar dan lakukan explorisasi langsung pada program C++

7. Gunakan akronim atau singkatan
Agar lebih cepat mengingat penggunaan singkatan pada suatu hal juga lebih banyak membantu daya ingat terhadap suatu hal. Bila sering mencatat, maka bisa menggunakan stabilo di kata-kata yang sangat penting. Tetapi contoh-contoh ini hanya contoh kecil, balik lagi kepada diri sendiri, bagaimana caranya agar anda lebih mengexplore suatu materi lebih cepat, an menanggapi lebih cepat.

8. Olahraga secara teratur
Olahraga secara teratur membantu metabolisme dalam tubuh, banyak manfaat olahraga dalam kehidupan sehari-hari, karena dengan olah raga peredaran darah akan semakin lancar, begitupun asupan oksigen kepada otak, untuk penilitian pada lansia umur 50+ melakukan jalan kaki 2,5 jam/minggu membantu mereka lebih mengingat suatu hal.

9. Mengkonsumsi makanan yang tepat
Makanan tidak hanya untuk mengenyangkan perut, tetapi ingatlah bahwa otak juga membutuhkan protein agar tidak melemah, asupan pada otak berupa protein, vit b12, omega 3, kaya akan antioksidan. Makanan yang sehat untuk dikonsumsi adalah sayuran, jus, brokoli, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, madu, gandum, buah-buahan. Salah 1 makanan yang sehat adalah 4 sehat 5 sempurna.

sumber : http://www.gudangkesehatan.com/cara-meningkatkan-daya-ingat/