Rifanfinancindo – PALEMBANG – AKHIR bulan sering digambarkan dengan kondisi keuangan yang memprihatinkan. Pasalnya, uang gaji bulanan sering hanya tersisa sedikit untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Terkadang rasa ingin belanja tak bisa berkompromi dengan kondisi keuangan yang ada.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena dengan uang pas-pasan yang dimiliki tetap bisa berbelanja kebutuhan asal tahu caranya. Berikut ini adalah tips cermati belanja dengan dana pas-pasanyang bisa diterapkan mulai dari sekarang.

1. Utamakan Beli Makanan

Makanan merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari. Prioritaskan uang untuk membeli kebutuhan makanan terlebih dahulu. Anda harus memprioritaskan makanan dengan tingkat kadaluwarsa yang cepat, seperti susu, telur, keju ataupun roti. Agar lebih hemat, Anda bisa mengganti buah-buahan dengan buah-buahan kaleng yang bisa bertahan lebih lama.

2. Buatlah Perencanaan dengan Jelas

Buatlah perencanaan atau rincian anggaran belanja yang jelas sebagai antisipasi agar tidak terjadi pengeluaran yang membengkak. Catat apa saja yang perlu dibeli dan akan lebih baik lagi jika bisa mengetahui harga per barangnya. Utamakan untuk memasukkan barang-barang yang menjadi prioritas utama sampai yang tidak begitu dibutuhkan ke dalam rincian anggaran belanja.

Ingatlah selalu bahwa kondisi keuangan Anda tidak begitu sehat, jadi belanjalah yang memang diperlukan dan jangan melampaui batas yang telah ditentukan.

3. Membandingkan Beberapa Jenis Merek

Pada umumnya beberapa jenis merek suatu produk memiliki perbedaan harga yang signifikan. Walaupun harga juga membawa kualitas suatu produk. Sebelum belanja, Anda bisa membandingkan beberapa jenis merek produk untuk mendapatkan harga yang lebih ekonomis. Namun, ingatlah selalu akan kualitasnya. Utamakan membeli barang dengan kualitas standar namun harga murah, daripada harga paling rendah namun kualitas tidak redefinisi.

Terkadang jika asal memilih barang yang murah, Anda justru akan terjerumus pada suatu kesalahan. Jadi, meskipun memilih barang yang murah namun pertimbangkan pula kualitas produknya.

4. Belilah dalam Jumlah Banyak

Biasanya di beberapa tempat belanja, seperti supermarket atau mal akan memberikan harga yang relatif lebih murah untuk barang-barang yang dibeli dalam jumlah banyak. Pada umumnya jika lebih dari tiga buah, Anda akan mendapat harga grosir (lebih murah). Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membeli kebutuhan yang akan dibutuhkan lebih banyak dalam satu bulan ke depan. Misalnya sabun cuci, tisu, mie instan dan lain-lain. Selain bisa menghemat pengeluaran, Anda juga bisa membuat persediaan lebih lama.

Namun, jangan pula terlampaui banyak karena Anda harus mengingat budget yang dimiliki saat itu. Jadi, sesuaikanlah!

5. Catatlah Pengeluaran

Anda harus mencatat berapa anggaran yang diperlukan untuk berbelanja. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi agar tidak terjadi kelebihan pengeluaran (over spending) ketika berbelanja. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah mengetahui untuk apa saja uang digunakan, sehingga bisa menjadi panduan untuk mengurangi kebutuhan yang kurang penting dan memprioritaskan yang lebih penting ketika berbelanja di bulan berikutnya.

6. Manfaatkan Kupon Belanja

Sebagian tempat belanja, seperti minimarket, mal atau supermarket menyediakan kupon belanja yang bisa dimanfaatkan. Kupon tersebut biasanya berupa potongan harga atau produk gratis, misalnya beli satu gratis satu. Kecanggihan teknologi juga memungkinkan Anda mendapatkan kupon melalui internet atau aplikasi belanja tertentu.

Kupon belanja juga bisa didapatkan pada hari-hari tertentu, seperti akhir pekan, awal bulan atau di hari-hari besar tertentu. Manfaatkanlah hal tersebut untuk menghemat pengeluaran dan menjadikan Anda sebagai pembeli yang bijak.

(dnb)

Sumber : Okezone