Tiga Jurus Kecuk Suhariyanto Perkuat Data BPS | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo – JAKARTA – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) yang baru Suhariyanto mengaku telah menyiapkan beberapa strategi untuk memperkuat akurasi data. Ada tiga prioritas yang akan dilakukannya dalam jangka waktu dekat.

Pria yang akrab disapa Kecuk itu menjabarkan, prioritas pertama mewujudkan satu data atau one data. Dalam mewujudkan hal itu dirinya akan menggandeng Badan Informasi Geospasial (BIG).
BERITA REKOMENDASI

Kepala Bappenas Ingatkan BPS Pentingnya Akurasi Data Pangan
Kecuk Suhariyanto Ingin Upgrade Data Pangan BPS
Kecuk Suhariyanto Dipilih Jadi Kepala BPS

“BPS bersama seluruh stakeholder harus wujudkan satu data. Untuk itu BPS bersama stakeholder akan susun yang namanya strategi nasional pengembangan statistik. Jadi nanti statistik dasarnya dari BPS, sektoral dari K/L lain khususnya dari lembaga penelitian itu digabung,” tuturnya di Gedung Bappenas, Jakarta, Kamis (15/9/2016).

Kecuk menambahkan, konsep metodologi penghimpunan data dari kementerian dan lembaga terkait juga akan disamakan. Sehingga data statistik nasional akan semakin kuat.

Prioritas kedua, lanjutnya, dirinya akan terus melakukan inovasi dan penyempurnaan metodologi dalam penghimpunan data. Hal itu agar data yang dihasilkan akan lebih berkualitas. “Ketiga, saya akan bikin data BPS lebih mudah diakses. Tidak dengan table. Tapi mungkin dengan infografis yang lebih mudah dicerna,” pungkasnya.
(mrt, PT Rifan Financindo)

Sumber : Okezone