JAKARTA – Jika Facebook adalah sebuah negara, maka besarnya akan mengalahkan China. Banyaknya pengguna Facebook diperkirakan 1,65 miliar orang.

Peran teknologi digital adalah salah satu dari banyak tren dalam revolusi Industri keempat. Sebagai media sosial, peluang baru untuk berbisnis dan bersosialisasi akan terus terbuka. Melansir laman World Economic Forum, seperti apa kalau media sosial diibaratkan sebagai sebuah negara?

Facebook

Menurut statistik, Facebook memiliki lebih dari 1,65 miliar pengguna aktif per bulan hingga kuartal I 2016. Jumlah pengguna aktif Facebook melalui ponsel menembus 1,5 miliar pada kuartal yang sama. Sementara jumlah penduduk China hanya 1,37 miliar.

WhatsApp

Meski secara teknis Whatsapp bukan jaringan sosial, namun aplikasi pesan ini masuk dalam daftar karena penggunanya yang melebihi 1 miliar orang. Pertumbuhan pengguna Whatsapp sangat mengesankan dari 700 juta pada tahun 2015, kini mencapai 1 miliar. Jika diibaratkan, Whatsapp bisa menangdingi India yang populasinya 1,25 miliar orang. Whatsapp melayani 64 miliar pesan dan 600 juta foto setiap harinya.

Instagram

Aplikasi sharing foto dan video ini memiliki 400 juta pengguna aktif. Bila disamakan dengan jumlah penduduk di suatu negara, pengguna Instagram bisa mengalahkan jumlah penduduk AS yang sebesar 319 juta.

 

Twitter dan Google+

Aplikasi sharing yang terkenal dengan 140 karakter ini memiliki 305 juta pengguna aktif. Sebanyak 80 persen dari pengguna Twitter tinggal di luar AS. Sementara itu, Google+ memiliki 300 juta pengguna. Kedua media sosial ini lebih besar dari Indonesia dengan jumlah penduduk 250 juta orang.

LinkedIn

Pengguna LinkedIn terus bertambah saat ini sudah mencapai 100 juta pengguna aktif per bulan. Hal ini membuat Linked In bisa mengalahkan jumlah penduduk Filipina.

(mrt)

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/05/12/320/1386824/terpopuler-kalau-facebook-cs-jadi-negara-begini-gambarannya