Tertawa adalah suatu perasaan bahagia atau senang bila secara tertulis akan ditulis ?haha?, ?wkkwkw?, dan ?lol?. Dalam arti psikologi tertawa adalah ekspresi dari hasil canda, lucu, dan stimulan lainnya. Tertawa lebar dan terbahak-bahak bisa terjadi menghasilkan air mata atau rasa sakit pada perut.

Tertawa Membuat Otak Lebih Kreatif!!!

Mengapa?

selalu tertawa 300x200 Terapi Tertawa Untuk Kesehatan

Singkatnya tertawa meningkatkan produktivitas otak, hal ini disebabkan otak akan mengingat hal lucu, dan statement tersebut sudah kuno. Ilmuwan menyatakan tertawa dapat dilakukan setiap hari dan latihlah diri kita untuk tertawa. Kreatifitas akan terasah bila memiliki ide-ide baru, dan dapat dibayangkan bila kita tidak tertawa dengan otak yang kaku malah akan timbul rasa nervous, minder, takut gagal. Tertawa di pagi hari dapat merefleksasikan kinerja otak, dengan kata lain otak yang lebih relaks dapat mencerna suatu informasi lebih cepat dibandingkan tanpa tertawa. Manusia tidak semua terlahir dengan humoris ataupun lucu hal ini dibawa dari faktor gen. Bila anda memiliki sifat seriusan, maka lebih sulit untuk tertawa. Maka belajarlah tertawa dari sekarang.

Apa Yang Terjadi Saat Kita Tertawa?

Segi fisiknya, terlihat 2 sudut mata akan terlihat mengkerut, sisi bibir tersenyum dan ikut mengkerut, pipi tertarik keatas. Kalau kita perhatikan secara seksama 12 otot tertarik disaat kita tertawa. Sedangkan bila kita merengut, otot yang bergerak hanya 11. Dan bila tertawa dengan kepalsuan hanya 2 otot, yaitu sudut bibir saja.

Dalam segi psikologi, orang yang sering tertawa dapat membawa suasana sekitar lebih hangat, hal ini karena dengan tertawa melahirkan psikologis yang positif bagi dirinya sendiri, dan memancarkan aura kebahagiaan. Dan aura tersebut yang secara tidak kasat mata dapat membuat lingkungan lebih relaks.

Dan menurut ilmuwan psikologi, orang yang sering tertawa dan yang termasuk murah senyum, memiliki teman yang lebih banyak dibanding orang yang susah tersenyum. Bila anda sedang dilanda kesedihan, usahakanlah tersenyum, dengan senyuman tubuh secara refleks merubah keadaan menjadi bahagia.

Awet Muda Dengan Terapi Tertawa

tertawa lebar 300x150 Terapi Tertawa Untuk Kesehatan

Tidak ada alat olahraga yang dapat digunakan untuk wajah layaknya seperti alat mengencangkan paha. Tentu hal ini sangat susah untuk kaum wanita yang ingin tampak awet muda selain sering mengkonsumsi buah-buahan dan melakukan masker wajah rutin. Ternyata ada hal lain yang membuat wajah tampak lebih awet, yaitu dengan tertawa. Bila kita selidiki, seseorang tertawa akan mengalami perubahan warna pada pipi wajah, hal ini terjadi peningkatan darah pada wajah yang membuat kulit wajah tampak begitu segar dan terlihat awet muda.

Fakta Tentang Terapi Tertawa

manfaat tertawa 300x150 Terapi Tertawa Untuk Kesehatan

Di India diadakan kumpulan klub tertawa yang berjumlah 516 anggota yang terdiri dari 71,7% laki-laki usia lansia. 63,5% pensiunan, dan 40,2% Ibu-ibu rumah tangga. Gerakan klub tertawa tidak lama setelah dibukanya klub tertawa, tetapi alhasil selama 1 tahun jalan 83,6% anggota mengalami penurunan penyakit, 56,1% mengalami penurunan penyakit berskala panjang, 44% anggota memerlukan obat untuk menyembuhi penyakitnya, tetapi tidak ada diantara mereka yang memperparah penyakit. Dari kesimpulan tersebut, tertawa adalah pengusir stress, bisa menghancurkan rasa tegang atau pemicu depresi. Tertawa adalah terapi yang sangat murah bahkan tidak mengeluarkan uang untuk membelinya.

Tetapi walau tertawa banyak manfaatnya, berikut ini hal yang tidak diperbolehkan tertawa bila anda mengalami penyakit sebagai berikut :

  • Hernia
  • Jantung disertai sesak nafas
  • Wasir Akut
  • Peranakan Turun
  • Flu dan pilek
  • Komplikasi Mata
  • Kehamilan

Sudahkah anda tertawa hari ini??? Tertawalah dan hangatkan suasana di sekeliling dengan keceriaan.

Sumber 😕 www.gudangkesehatan.com/terapi-tertawa-untuk-kesehatan/