PT Rifan Financindo – PALEMBANG – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, jumlah individu dengan kekayaan tertinggi atau High Net Worth Individual/HNWI Indonesia merupakan individu-individu yang selalu memiliki pola berpikir tentang investasi. Artinya, tidak melulu mereka selalu menempatkan dana-dananya di perbankan saja.

“Sebagian mereka kalau menyusun high net worth itu tidak berarti bahwa kemudian dana di bank, belum tentu. Mereka adalah orang-orang yang selalu berpikir bagaimana meng-invest kembali dan itu lah salah satu justru akan menjadi aset Indonesia,” katanya dalam acara bertajuk ‘Ekonomi Indonesia Menyongsong 2017′ di Jakarta, Kamis malam.

Sri menerangkan, jika pemerintah Indonesia mampu memberikan kepercayaan kepada HNWI tersebut, maka dapat dipastikan mereka berpikir Indonesia merupakan salah satu tempat terbaik untuk berinvestasi. Contohnya saja melalui program pengampunan pajak (tax amnesty) yang hingga saat ini masih terus bergulir.

“Itu adalah suatu yang kita terus menerus harus lakukan dalam rangka juga untuk membuat capital atau modal yang dimiliki oleh masyarakat itu juga produktif,” ucapnya.

(rai)

Sumber : Okezone

 

A bank employee sorts rupiah banknotes at the Bank National Indonesia (BNI) in Jakarta April 26, 2012. Investors in Indonesia are a facing a tricky manoeuvre balancing their bullishness on the economy with fears the currency is set to weaken this year, and are finding the best option is to cut exposure to rupiah-denominated assets. Picture taken April 26, 2012. To match Analysis INDONESIA-MARKETS/    REUTERS/Supri (INDONESIA - Tags: BUSINESS)

A bank employee sorts rupiah banknotes at the Bank National Indonesia (BNI) in Jakarta April 26, 2012. Investors in Indonesia are a facing a tricky manoeuvre balancing their bullishness on the economy with fears the currency is set to weaken this year, and are finding the best option is to cut exposure to rupiah-denominated assets. Picture taken April 26, 2012. To match Analysis INDONESIA-MARKETS/ REUTERS/Supri (INDONESIA – Tags: BUSINESS)

Kekayaan 48 Ribu Orang di RI Capai Rp2.155 T, Sri Mulyani: Ekonomi Kita Besar

PT Rifan Financindo – PALEMBANG – Berdasarkan data World Wealth Report pada 2015, jumlah individu dengan kekayaan tertinggi (High Net Worth Individual/HNWI) di Indonesia mencapai 48 ribu orang, dengan total kekayaan mencapai USD161 miliar atau setara Rp2.155 triliun (mengacu kurs Rp13.386 per USD).

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memandang keberadaan HNWI itu bisa menggambarkan kondisi perekonomian Indonesia yang sedemikian besar. Soalnya, Tanah Air mampu menghasilkan individu-individu tersebut yang selama ini mampu mengakomodir asetnya.

“Dengan adanya HNWI itu menggambarkan bahwa Indonesia mempunyai suatu perekonomian yang besar,” katanya dalam acara bertajuk ‘Ekonomi Indonesia Menyongsong 2017′ di SCTV Tower, Jakarta, Kamis malam.

Namun keberadaan HNWI tersebut akan menjadi semakin positif jika tentu saja konsentrasi kekayaan mereka tidak hanya 1% atau segelintir saja. Oleh karena itu, diperlukan suatu upaya dari sisi kebijakan pemerintah untuk menciptakan berbagai macam kesempatan agar mereka mau berinvestasi di Indonesia.

“Karena kemudian network-nya tidak hanya dinikmati oleh mereka sendiri tapi dinikmati oleh masyarakat Indonesia,” tuturnya.

(rai)

Sumber : Okezone