PT Rifanfinancindo – DENPASAR – Pemerintah Srilanka menyatakan ingin menjajaki dan menjalin kerja sama di bidang ekonomi, budaya dan pariwisata dengan Bali karena dinilai telah berhasil sebagai destinasi internasional.

“Bali sangat menjunjung toleransi di samping pariwsata Bali berkembang dengan sangat pesat, jadi saya rasa menjalin kerja sama dengan Bali akan banyak memberi hal positif bagi Srilanka,” kata Duta Besar Srilanka untuk Indonesia Dharshana M Perera saat menemui Gubernur Bali, di Denpasar, Rabu.

Menurut dia, pihaknya ingin menjalin kerja sama dengan Bali karena memiliki sejumlah kesamaan dari segi budaya.

Selain itu, saat ini pihaknya juga sedang menjajaki kerja sama dengan Garuda Indonesia untuk dapat membuka akses penerbangan langsung dari Colombo ke Bali, mengingat selama ini untuk bepergian ke Bali dari Colombo harus melalui Singapura dan Kuala Lumpur.

Perera sangat optimistis dengan dibukanya penerbangan langsung dari Colombo akan membawa efek yang sangat baik untuk pertumbuhan ekonomi Bali dan perkembangan pariwisata di kedua wilayah tersebut.

Selain rencana pembukaan jalur penerbangan langsung, Perera ke depannya juga ingin menjalin kerja sama dengan para pelaku bisnis di Bali mengingat Bali memiliki banyak kerajinan ukiran, kerajinan tangan yang nantinya akan menjadi peluang bisnis antara pengusaha Bali dan Srilanka.

“Begitu banyak hal yang bisa kami contoh dari Bali, saya harap kerja sama akan semakin terjalin kedepannya,” kata Perera.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyambut keinginan Dubes Srilanka. Menurut dia, wisatawan asal Bali saat ini sudah mulai memilih Srilanka sebagai tujuan perjalanan spiritualnya.

Dia juga menyambut baik rencana pembukaan jalur penerbangan langsung Bali-Colombo untuk meningkatkan pariwisata di kedua negara.

Pada kesempatan tersebut, Pastika yang juga didampingi oleh Kepala Biro Humas Setda Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra serta Kepala Biro Pemerintahan Setda Provisni Bali Jayadi Jaya juga memberi masukan kepada Srilanka agar menggunakan ajang perhelatan internasional untuk mempromosikan pariwisata Srilanka.

“Saya menyambut dengan sangat baik jalinan kerja sama ini, saya yakin ke depannya kerja sama ini akan memberi dampak positif bagi kita semua,” katanya.

(rai)

Sumber : Okezone