Sentimen bisnis Jerman secara tak terduga turun di Bulan Oktober sejalan dengan perkiraan penjualan turun tajam di hampir mayoritas sektor, meliputi manufaktur yang mengindikasikan bahwa ekonomi secara hanya berangsur-angsur gain kembali.

Indeks kepercayaan bisnis institute Ifo turun pada pertama kalinya dalam enam bulan ke 107.4 di bulan Oktober dari 107.7 di bulan September dan turun dari perkiraan para ekonom yang menyatakan naik ke 108.0.

Tetapi sentimen bisnis secara keseluruhan masih kuat dan utuhnya pemulihan ekonomi, menurut para ekonom.

Euro telah mengalami kenaikan sebesar 8% terhadap dolar AS sejak Juli lalu, dua tahun tertingginya hanya diatas $1.38 pekan ini, mengancam ekspor Jerman menurun.

Ifo menyatakan bahwa sekitar 7,000 perusahaan yang berpartisipasi dalam polling bulanan melaporkan mengalami penurunan bisnis meskipun penurunan yang kecil. Indikator perkiraan bisnis turun sebesar 103.6 di bulan Oktober dari 104.2 di bulan September.

Perusahaan juga menilai bahwa situasi bisnis saat ini kurang menarik. Indikator koresponden Ifo turun ke 111.3 dari 111.4 di bulan September.

Hasil Ifo yang secara tak terduga menurun diikuti kenaikan pada indeks ZEW mengukur sentiment ekonomi diantara para analis Jerman dan istitusi investor yang menghantam level tertingginya sejak bulan April 2010. Sebuah survei bulanan PMI oleh Markit pada hari Kamis bagaimanapun mengindikasikan bahwa aktivitas sektor swasta di Jerman sepertinya tidak mengalami kenaikan yang signifikan di bulan depan.

Perkiraan para ekonom bahwa ekonomi Jerman mengalami pertumbuhan yang rendah pada kuartal ketiga dibanding pada kuartal kedua, akan tetapi pertumbuhan akan naik kembali di akhir tahun ini.

Pemerintah Jerman awal pekan ini memperkirakan ekonomi akan tumbuh sebesar 0.5% tahun ini dan 1.7% pada tahun 2014.

Sumber :

rf-berjangka.com