RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Pergerakan pasar mata uang Asia di hari Senin(1/6), dollar AS terpantau menguat terhadap yen setelah dirilisnya laporna ekonomi Jepang pada pagi ini.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, USDJPY menguat 0.03% di level 124.19 dimana pasangan ini terlihat bergerak menyentuh level 124.07 untuk sesi terendah harian dan level 124.26 untuk sesi tertinggi harian.

Permintaan dollar AS untuk alami penguatan telah terjadi dengan didukung spekulasi kenaikan tingkat suku bunga di wilayah Amerika akan dilakukan pada tahun ini. Sedangkan pada laporan ekonomi Jepang pagi ini juga belum mampu melemahkan dollar AS terhadap yen.

Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Menteri Keuangan menyebutkan bahwa belanja modal Jepang telah alami kenaikan sebesar 7.3% pada bulan Maret, setelah alami kenaikan sebesar 2.8% di bulan Februari.

Sementara itu, para pelaku pasar pada hari ini akan dihadapkan dengan laporan aktifitas manufaktur Jepang pada pukul 08.35 waktu Jakarta. Laporan tersebut diperkirakan akan mampu member gejolak pergerakan pasar mata uang.

Apabila hasil tersebut memperlihatkan bahwa terjadinya peningkatan aktifitas manufaktur Jepang maka dollar AS berpotensi melemah terhadap yen. Namun sebaliknya, jika aktifitas manufaktur Jepang alami penurunan, maka dollar AS berpelung lanjutkan penguatan terhadap yen.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/senin-pagi-usdjpy-bergerak-di-zona-hijau/