RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Minyak mentah berjangka melonjak lebih dari 3% pada sesi Kamis untuk mencapai titik tertinggi bulanan yang baru, karena para pedagang energi terus menganalisis komentar bullish dari Sekretaris Jenderal OPEC, Abdalla Salem El-Badri, mengenai pertumbuhan permintaan global yang kuat selama tahun depan.

Di New York Mercantile Exchange, minyak mentah WTI untuk pengiriman November naik 1,64 atau 3,47% dan menetap di level $ 49,47. Di Intercontinental Exchange (ICE), minyak mentah brent untuk pengiriman November naik 1,77 atau 3,41% dan ditutup pada $ 53,11.

Dalam sambutannya di depan International Monetary Fund?s International Monetary and Financial Committee, El-Badri memprediksi bahwa permintaan global akan meningkat tahun ini pada tingkat yang jauh lebih tinggi daripada yang diperkirakan sebelumnya. Hal ini berdasarkan dari permintaan yang lebih besar dari yang diperkirakan di AS dan Eropa, serta Korea Selatan, El-Badri diperkirakan bahwa permintaan minyak global akan melejit ke 1,5 juta barel per hari untuk tahun 2015.

Pernyataan el-Badri ini telah memicu spekulasi bahwa OPEC bisa melakukan langkah-langkah untuk menaikkan harga minyak tak jauh kedepannya. Harga minyak mentah telah turun sekitar 50% sejak OPEC mengguncang pasar energi global dengan keputusan strategis pada November lalu dengan mempertahankan tingkat produksinya di atas 30 juta barel per hari.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/semalam-harga-minyak-melonjak/