BREBES – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya untuk memangkas waktu perjalanan di jalan tol guna menghadapi mudik Lebaran. Adapun salah satu caranya dengan cara mengintegrasikan gerbang-gerbang tol yang berbeda pengelolanya.

PT Waskita Toll Road selaku pengelola ruas jalan tol Pejagan-Brebes Timur mengungkapkan, jika pembayaran tol diintegrasikan dari Gerbang Tol Palimanan hingga Gerbang Tol Brebes Timur, maka pengguna hanya membayar sebesar Rp55.500. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari pembayaran tiga ruas tol yang diintegrasikan pembayarannya jadi satu gerbang tol saja.

“Palimanan-Kanci Rp11.500, Kanci-Pejagan Rp24 ribu, Pejagan-Brebes Timur Rp20 ribu. Jadi, nanti itu tidak ada, hanya dari Palimanan sampai Brebes Timur tingal bayar Rp55.500 di sini,” ujar Direktur Operasi PT Waskita Toll Road Mokh Sadali di Gerbang Tol Brebes Timur, Brebes, Senin (13/6/2016).

(Baca Juga: Panjang Jalan Tol Jakarta-Brebes Capai 364 Km)

Dia mengungkapkan, tarif Pejagan-Brebes Timur yang dipatok Rp20 ribu tersebut sudah disetujui oleh Kementerian PUPR. Selain itu, setelah terintegrasinya antar ruas tol, diharapkan pengguna jalan tol akan mengalami kenaikan.

“Per inter koneksi kita naik kira-kira antara 15-20 ribu kendaraan,” imbuh dia.

Di sisi lain, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, Kemenhub, dan Korlantas guna mengantisipasi kemacetan di ruas jalan tol. Diprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada H-3.

“Kita persiapan puncak kepadatan itu mulai H-10, dan diprediksi puncaknya di H-3,” pungkasnya.

(dni)

Sumber : Okezone