JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mengaku telah menyiapkan uang tunai lebih tinggi dari tahun lalu. Setidaknya, untuk persiapan Ramadan dan Lebaran BI sudah menyiapkan uang tunai sebanyak Rp160 triliun.

Tidak hanya jumlah uang tunai yang diperbanyak, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara mengatakan, BI juga akan menambah mobil penukaran uang di lapangan Monas.

“Khusus Jakarta kita siapkan lebih banyak lagi mobil-mobil penukaran di Lapangan Monas,” kata Tirta di Gedung BI, Rabu (1/6/2016).

Tirta melanjutkan, kalau tahun lalu BI hanya bekerja sama dengan 13 bank, tahun ini rencananya akan ditambah menjadi 20 bank. Bukan hanya jumlah mobil penukaran, Tirta bilang BI akan memperluas titik operasi ke 200 lokasi.

“Tahun ini rencananya bekerja sama dengan 20 bank jadi lebih banyak, titik-titik operasinya juga kita tingkatkan. Tahun lalu ada 80 titik. Tahun ini rencananya sampai 200 titik,” tambahnya.

Untuk diketahui, dari Rp160 triliun, 28 persen akan disebar ke wilayah DKI Jakarta dan 33 persen diedarkan ke wilayah Pulau Jawa. Sementara Sumatera hanya 20 persen, Kalimantan 7 persen dan sisanya di wilayah Indonesia Timur.

“BI sudah siapkan dan sudah didistribusikan ke seluruh kantor wilayah yang biasa juga menangani penarikan-penarikan uang,” cetusnya.

(rzy)

Sumber : Okezone