JAKARTA – Mengawali pekan ini, nilai tukar Rupiah diperkirakan masih akan melanjutkan pelemahan. Diprediksi hari ini Rupiah akan berada pada level support Rp13.500 per USD dan resistance Rp13.400 per USD.

Kepala Riset NH Korindo Securities, Reza Priyambada, memandang saat ini belum terlihat sentimen positif yang mampu menahan Rupiah dari gempuran dolar Amerika Serikat.

“Meski kami mengharapkan adanya kenaikan atau pembalikan arah menguat namun, diperkirakan laju Rupiah dapat melanjutkan pelemahannya jika tidak ada sentimen yang positif yang cukup memberikan dorongan penguatan pada laju Rupiah,” kata Reza dalam risetnya, Senin (15/2/2016).

Menurutnya, penguatan dolar Amerika Serikat yang terjadi pada perdagangan terakhir lantaran imbas dari kembali melemahnya harga minyak mentah dunia. Kemungkinan untuk kembali menguatnya harga minyak dunia pun masih belum terlihat.

Selain minimnya sentimen positif dari global, kondisi perekonomian dalam negeri juga belum bisa menjadi angin pendorong bagi penguatan Rupiah. Oleh karena itu kemungkinan bagi Rupiah untuk kembali menguat di hari ini masih sangat kecil.

Apalagi jika rilis data-data ekonomi di awal pekan tidak begitu baik maka perlu kiranya diwaspadai potensi pelemahan lanjutan Rupiah,” pungkasnya.

(mrt)

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/02/15/278/1312076/rupiah-butuh-sentimen-positif-untuk-menguat