Rifanfinancindo – PALEMBANG – SELAMA beberapa tahun belakangan, sudah banyak industri yang ada di Indonesia melakukan PHK kepada karyawannya. Terhitung sejak 2015, setidaknya sudah ada belasan ribu karyawan yang telah menjadi korban PHK.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Salah satu penyebabnya adalah karena bisnis yang dijalankan tidak lagi sebagus sebelumnya, menurunnya omset yang didapatkan sehingga perusahaan tidak bisa lagi menggaji banyak karyawan sehingga puluhan hingga ribuan karyawan harus mengalami PHK.

Belum dapat diprediksikan apakah PHK akan berakhir tahun ini atau akan berlanjut hingga tahun depan. Jadi para karyawan harus masih tetap waspada dan segera mengambil ancang-ancang jika suatu saat keadaan ini terjadi. Anda selaku karyawan yang belum tahu bagaimana nasib di kemudian hari, tidak boleh diam saja. Lakukan beberapa hal untuk mengantisipasi kabar yang tidak mengenakkan ini.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan membuka usaha. Memang membuka usaha bukanlah hal yang mudah dilakukan. Apalagi jika ini adalah kali pertama Anda melakukannya. Namun jangan langsung patah semangat sebelum mencoba.

Anda bisa memanfaatkan beberapa media seperti internet untuk mencari peluang bisnis yang saat ini tengah berkembang dan diminati oleh masyarakat. Dengan demikian, Anda tidak perlu takut atau terguncang lagi jika sewaktu-waktu Anda adalah salah satu dari sekian ribu karyawan yang termasuk korban PHK.

Berikut adalah cara merintis usaha untuk mengatasi PHK.

1. Berani Mengambil Tindakan

Jika memang ingin membuka usaha, itu adalah tindakan yang benar. Apalagi untuk mengantisipasi PHK. Akan ada banyak sekali tantangan yang ditemukan ketika hendak membuka bisnis, namun jangan jadikan hal tersebut sebagai hambatan yang akan menghalangi Anda untuk berkembang.

Kuatkan tekad, niat, dan berdoalah! Ketiga hal tersebut adalah kunci kesuksesan bagi Anda yang ingin merintis usaha. Jangan pernah takut untuk memulai hal baru yang belum pernah ada sebelumnya. Manfaatkan ide yang Anda miliki untuk bisa mengembangkan bisnis yang akan dijalankan.

Kalau hanya duduk berdiam diri dari sekarang dan tidak bertindak, bisa-bisa sewaktu di-PHK, Anda akan keteteran untuk mencari pekerjaan ke sana kemari untuk bisa melanjutkan hidup. tidak mau hal tersebut terjadi, bukan? Maka, Anda harus berani mengambil tindakan dari sekarang. Manfaatkan uang yang dimiliki saat ini untuk membuka usaha sesuai dengan minat dan apa yang Anda sukai.

2. Mulai Dari Nol

Anda yang baru merintis usaha memang akan memulai semuanya dari nol. Kecuali usaha yang dijalankan adalah usaha atau bisnis keluarga yang sebelumnya sudah dikenal oleh masyarakat luas. Memulai usaha dari nol bukanlah perkara yang mudah. Banyak sekali tantangan yang datang secara beruntun. Disinilah kesabaran dan ketabahan hati akan diuji.

Namanya juga memulai usaha dari nol, tak perlu langsung membuka usaha dalam skala besar. Akan tetapi mulailah dengan usaha kecil terlebih dahulu. Agar usaha bisa berkembang walaupun dari nol, andalkan kemauan dan tekad. Banyak bisnis usaha yang bisa dijalankan, mulai dari bisnis kuliner, fashion, make-up artist, dan bisnis lainnya. Gandenglah salah satu franchise yang memiliki track record yang bagus agar bisnis yang Anda jalankan bisa mendapatkan balik modal dengan cepat.

3. Memanfaatkan Kartu Kredit dan KTA

Dari sekian banyak pengusaha, kartu kredit dan KTA adalah nyawa usaha yang mereka jalankan. Bagaimana tidak, untuk menjalankan bisnis pastilah membutuhkan uang dalam jumlah yang besar. Apa benar jika bisnis yang dirintis sepenuhnya berasal dari uang tabungan yang dimiliki? Tentu saja tidak! Jika melihat ke luar, banyak pengusaha yang sukses menjalankan bisnis meminjam sejumlah uang kepada bank sebagai modal awal untuk membuka usaha. Walaupun sewaktu di PHK, Anda mendapatkan pesangon dalam jumlah yang besar, tetap saja Anda sebagai pengusaha pasti tergiur dengan sokongan dana kredit yang ditawarkan untuk bisa mengembangkan usaha.

Kedua jenis alternatif ini memang kerap kali dijadikan sebagai alat untuk mempertahankan kekuatan finansial. Maka jangan pernah takut untuk memanfaatkan kartu kredit yang dimiliki dan memanfaatkan keberadaan KTA untuk mengembangkan bisnis.

Hidup Tidak Bisa Diprediksi

Namanya juga hidup, Anda tidak tahu kapan akan berada di bawah atau di atas. Anda tidak bisa menebak apakah kehidupan saat ini akan bisa nikmati sampai tutup usia nanti. Begitu juga dengan PHK, kita tidak bisa menebak apakah perusahaan tempat kita bekerja saat ini bisa jaya selamanya atau tidak. Untuk dapat mengatasi keadaan yang tidak bisa ditebak ini, lakukanlah ketiga cara di atas.

(wdi)

Sumber : Okezone