Untitled-2RIFAN FINANCINDO BERJANGKA,- ?Frank Sinatra, penyanyi, aktor dan penghibur legendaris ?Amerika Serikat, pernah berkata bahwa?kesuksesan ?merupakan ?balas dendamnya akan nasib. Jika Anda membaca biografinya,?Anda akan tahu bahwa kesuksesan dan nama besar Frank Sinatra saat ini jauh mengungguli masa lalu kelamnya.

Lihatlah prestasinya dalam musik dan film, dan Anda tak akan pernah menduga bahwa Sinatra dulunya adalah sampah masyarakat. Kesuksesan seorang Frank Sinatra dapat menjadi motivasi bisnis bagi anda yang saat ini merasa berada di titik nadir kegagalan.

Setelah sang ibu ditangkap berulang kali akibat dicurigai membuka bisnis aborsi illegal, Sinatra tumbuh menjadi pemuda yang nakal dan hanya bersekolah selama 47 hari sebelum dikeluarkan karena perilakunya. Ia bahkan pernah ditahan karena melakukan perzinahan serta tindakan tak senonoh, dan semua kenakalan yang dilakukannya menutupi bakat besarnya dalam musik.

Akan tetapi, Sinatra tidak membiarkan masa lalu kelam menjatuhkannya. Ia tahu bahwa menyanyi adalah kecintaannya, dan Sinatra pun mulai mengembangkan kecintaan itu sejak masa remaja termasuk bekerja sambilan sebagai penyanyi di kapal dan restoran. Kini, walaupun masa lalu kelamnya tidak pernah ditutupi, Sinatra selamanya lebih dikenal sebagai penyanyi dan penghibur sukses oleh masyarakat Amerika, ketimbang remaja nakal dan pelaku kejahatan. Lalu, motivasi bisnis apa yang bisa Anda pelajari?

Masa Lalu Kelam = Kesempatan Mengasah?

Karakter

Tahukah Anda bahwa kegagalan, situasi kelam bahkan godaan merupakan kesempatan baik bagi Anda untuk mengasah dan mengembangkan karakter? Hal ini karena seseorang akan lebih mudah untuk menunjukkan sikap baik dan beretika ketika suasana di sekitarnya baik-baik saja serta tidak menimbulkan godaan. Misalnya, Anda sendirian di ruang tamu seseorang dan melihat uang 100 ribu tergeletak di lantai; Anda bisa dikatakan berhasil mengasah karakter kuat jika bisa menahan diri untuk tidak memasukkan uang itu ke kantong Anda.

Perjalanan hidup yang kelam dan tidak menyenangkan bisa dijadikan sarana untuk mendidik karakter dan kepribadian Anda; apakah Anda bisa menarik pelajaran dari masa lalu tersebut dan menjadikannya motivasi bisnis, ataukah Anda akan membiarkan diri sendiri tenggelam dalam bayang-bayang masa lalu kelam tersebut? Orang-orang sukses adalah mereka yang menjadikan masa lalu kelam sebagai arena pembelajaran.

Ambil contoh Oprah Winfrey yang pernah menghadapi pelecehan seksual dan diskriminasi ras, atau Danny Trejo sang bintang film asal Meksiko yang pernah menjadi penjual narkoba di masa remajanya. Mereka sukses setelah melalui masa lalu yang kelam karena bisa memetik pelajaran dari masa lalu tersebut.

Tips Mengubah Masa Lalu Kelam Menjadi Kesuksesan

Jangan sampai masa lalu yang kelam dan kegagalan beruntun mengubah Anda menjadi individu gagal. Berikut adalah beberapa motivasi bisnis agar Anda bisa mengubah bayang-bayang masa lalu kelam menjadi kesuksesan:

  • Tentukan satu tujuan hidup yang paling ingin Anda raih. Semua orang yang hendak berusaha harus memiliki tujuan hidup yang pasti dulu sebagai titik acuan perjuangan. Jika tidak, usaha yang dilakukan akan menjadi tak terarah.
  • Ingatlah bahwa Anda adalah yang paling tahu mengenai potensi diri Anda sendiri, bukan orang lain. Jika orang lain berkata bahwa Anda tak akan berhasil, tanyakan saja balik pada diri Anda sendiri ?bagaimana mereka bisa tahu?? Jangan biarkan kata-kata negatif menjatuhkan Anda saat berusaha.
  • Miliki satu atau dua orang sahabat atau pendukung; walaupun Anda sanggup berjuang sendiri, manusia secara naluri membutuhkan orang lain untuk menjadi pegangan di masa-masa tersulit.

?Jadi, mengapa takut akan bayangan masa lalu yang kelam? Seperti Frank Sinatra, jangan jadikan hal itu sebagai penghambat kesuksesan dan ubahlah menjadi motivasi bisnis dan ajang pengembangan karakter demi meraih sukses.-RIFAN FINANCINDO BERJANGKA