JAKARTA – Pagi ini Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli memboyong sejumlah menteri kabinet kerja dan jajaran ke Teluk Jakarta. Kunjungan kerja kali ini dilakukan pasca dihentikannya proyek reklamasi di Teluk Jakarta.

Rizal Ramli mengajak Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya hingga Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Kunjungan kali ini, Rizal Ramli dan rombongan akan mengunjungi Pulau C dan D yang merupakan kawasan Reklamasi Teluk Jakarta. Selain mendatangi Pulau C dan D, Rizal beserta rombongan bakal menyambangi Pelabuhan Perikanan Muara Angke dan tempat pelelangan ikan Pemprov DKI Jakarta.

Seperti diketahui, belum lama ini Rizal telah menggelar rapat koordinasi untuk membahas mengenai persoalan reklamasi.

Dalam rapat yang digelar selama sekira 90 menit tersebut, Rizal Ramli turut memanggil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya.

Rizal secara resmi memutuskan untuk menunda proyek reklamasi Teluk Jakarta. Pasalnya, saat ini masih terdapat aturan yang masih perlu dibahas kembali.

“Kita semua sepakat bahwa masalah ini harus diselesaikan. Kita tidak boleh terlalu emosional. Karena ini ada ilmunya. Jadi untuk sementara (reklamasi) di hentikan,” kata Rizal dalam konferensi pers di kantor Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Jakarta, Senin (18/4/2016).

Menurut Rizal, program ini akan ditunda hingga komite gabungan yang baru saja dibentuk selesai membahas semua aturan dalam proyek reklamasi. Sehingga, meskipun ditunda, proyek ini tidak akan dihentikan secara permanen.

“Dalam setiap kebijakan publik itu wajar tarik menarik. Tapi yang bagus adalah proyek ini mengakomodasi rakyat, swasta, dan negara. Kita juga akan bentuk komite gabungan,” tegas Rizal.

Keputusan Rizal ini sejalan dengan keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Pada Jumat, 15 April lalu, Susi juga menginginkan agar proyek reklamasi dihentikan sementara. Sebab, masih terdapat aturan yang harus dibahas agar tidak merugikan masyarakat, dan swasta, maupun pemerintah.

(rzy)

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/05/04/320/1379907/reklamasi-dihentikan-rizal-ramli-ajak-susi-hingga-ahok-datangi-teluk-jakarta