RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Rasio uang palsu berdenominasi rupiah jauh lebih rendah dibandingkan dengan rasio uang palsu berdenominasi dolar AS.

Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Dian Karmila mengatakan rasio uang palsu pada Desember 2014 adalah 7 lembar per satu juta lembar uang. Rasio ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan rasio uang palsu USD yang mencapai 100 lembar per satu juta lembar uang.

Adapun, Euro sebanyak 43 lembar per satu juta lembar uang, sedangkan Pound Sterling sebanyak 143 lembar per satu juta lembar uang.

Rasio uang palsu rupiah tergolong paling rendah.

Data Bank Indonesia menyebutkan temuan uang palsu hingga September 2014 mencapai 12.190 lembar. Uang palsu paling banyak ditemukan di wilayah Jawa Barat dan Banten dengan temuan sebanyak 5.143 lembar atau 42,2% dari total uang palsu di seluruh Indonesia.

Wilayah Jawa Timur menyusul di posisi kedua dengan temuan sebanyak 2.932 lembar uang palsu atau setara dengan 24,1% dari total temuan uang palsu.

Selanjutnya, Kantor Pusat BI mencatat temuan uang palsu sebanyak 2.414 lembar atau 19,8% dari total uang palsu yang ditemukan.

SUMBER 😕 http://financeroll.co.id/news/rasio-uang-palsu-rupiah-lebih-rendah-dari-denominasi-dolar-as/