JAKARTA ? Tak banyak yang mengetahui bahwa Venezuela memiliki cadangan minyak terbesar di dunia. Dengan total cadangan minyak hingga 298 miliar barel, Venezuela seharusnya dapat mencukupi kebutuhan minyak dalam negeri. Namun, faktanya Venezuela justru melakukan impor minyak mentah dari Amerika Serikat (AS).

Pekan lalu, sebuah kapal bermuatan 500 ribu barel merapat di sebuah pelabuhan Venezuela. Berdasarkan informasi dari perusahaan riset minyak Clipperdata, minyak tersebut dikirim ke lokasi yang terletak di kepulauan Belanda, Cura?ao di Karibia.

Lantas, apa yang menyebabkan Venezuela memutuskan untuk melakukan impor minyak dari Amerika Serikat?

Analis pasar minyak ClipperData Nilofar Saidi mengungkapkan, selama ini Venezuela berada dalam keadaan yang sangat sulit dalam penjualan minyak mentah. Pasalnya, minyak olahan Venezuela lebih berat sehingga sulit untuk dikirim ke negara-negara lain. Untuk itu, Venezuela harus mencampur minyak produksinya dengan jenis yang lebih ringan seperti minyak asal Rusia, Angola dan Nigeria.

“Lebih murah untuk membawa kapal tanker minyak mentah light (West Texas Intermediate/WTI) dari Teluk AS daripada kapal itu didatangkan dari Afrika Barat atau Afrika Utara,” ujar Saidi seperti dikutip dalam CNN, Selasa (9/2/2016).

Impor minyak ini juga cukup mengejutkan publik. Pasalnya, Venezuela memiliki cadangan minyak lebih besar dibandingkan Arab Saudi , Rusia, dan Iran. Bahkan, cadangan minyak Venezuela delapan kali lebih besar dibandingkan cadangan minyak dari Amerika Serikat.

Namun, Venezuela ternyata sudah melakukan impor minyak dari AS sejak tahun 2008 hingga mencapai USD48 miliar. Akibat ketegangan politik kedua Negara, jumlah impor ini merosot tajam hingga USD26 juta pada tahun 2014.

Untuk diketahui, ekonomi Venezuela saat ini semakin terpuruk akibat penurunan harga minyak dunia. Sebab, ekonomi Venezuela sangat tergantung pada ekspor minyak mentah. Bahkan, saat ini Venezuela menjadi salah satu negara dengan perekonomian terburuk di dunia.(rai)

(rhs)

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/02/08/320/1307161/punya-298-miliar-barel-venezuela-masih-impor-minyak-dari-amerika