RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Para pemimpin zona euro berkumpul pada hari Minggu untuk mencoba mencapai kesepakatan mengenai bailout Yunani, setelah menteri keuangan menuntut parlemen Yunani untuk melaksanakan overhaul sebelum mengambil keputusan pinjaman baru.

?Saya di sini, siap untuk berkompromi secara jujur,? kata Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras dalam perjalanan ke pertemuan puncak para pemimpin. ?Kami bisa mencapai kesepakatan malam ini jika semua pihak menginginkannya.?

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan bahwa menteri keuangan tidak menyarankan untuk memulai negosiasi bailout dengan segera, memperingatkan bahwa kesepakatan di Yunani bukan hal main-main.

Menteri keuangan dari currency area mengadakan pertemuan pada hari sebelumnya, dan membahas rancangan pernyataan yang berisi ?batas waktu? bagi Yunani dari zona euro sebagai pilihan potensial. Pernyataan, yang mungkin masih dapat berubah, akan membentuk dasar untuk pembicaraan krisis pemimpin zona euro hari Minggu, kata pejabat tersebut.

Pernyataan itu mengatakan bahwa ?dalam hal tidak ada kesepakatan (pada program bailout baru) yang bisa dicapai, Yunani harus menawarkan negosiasi cepat pada batas waktu dari zona euro, dengan restrukturisasi utang sebisa mungkin,? kata seorang pejabat. Kalimat itu masih dalam tanda kurung, yang menunjukkan bahwa pernyataan tersebut belum memiliki dukungan dari semua 19 negara zona euro.

Namun, Presiden Perancis, Fran?ois Hollande, kemudian mengatakan, ?Tidak ada Grexit sementara. Hanya ada Grexit atau tidak Grexit.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/prospek-kesepakatan-yunani-makin-dekat/