RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ?hari ini, Selasa (3/6) ?diperkirakan bergerak mixed, cenderung melemah. IHSG diperkirakan berada di kisaran level 5199 ? 5254. ?Sementara beberapa saham yang dapat direkomendasikan, antara lain: BBCA, SMGR, PGAS, INDF, KLBF, JSMR, dan BBRI.

Indeks ?pada perdagangan Senin (1/6) ?ditutup melemah 0,05% pada level 5213. Lima dari sepuluh sektor melemah dengan kontribusi pelemahan terbesar pada sektor keuangan. ?Investor asing net sell Rp 24,7 miliar. Indeks di bursa Wall Street pada perdagangan Senin ditutup menguat ditopang oleh mayoritas data ekonomi AS yang membaik. Data personal income bulan April naik 0,4%, lebih baik dari estimasi 0,3%.

Namun personal spending stagnan, lebih rendah dari perkiraan yang tumbuh 0,2%. Indeks ISM manufaktur bulan Mei naik pada level 52,8 dari 51,5, serta lebih baik dari estimasi 51,9. Construction spending bulan April naik 2,2%, lebih baik dari estimasi 0,8%. Sedangkan indeks di bursa Wall Street pada perdagangan Selasa ditutup melemah akibat data ekonomi AS yang tidak sesuai perkiraan.

Saham energi dan komoditas menguat seiring dengan melemahnya dollar AS. Pasar juga mencermati perkembangan dari Yunani. ECB dan IMF sepakat untuk meningkatkan negosiasi secara intensif dengan Yunani untuk menghindari negara itu mengalami gagal bayar. Pemerintah Yunani menyusun draft perjanjian untuk mengatasi negosiasi yang mengalami jalan buntu. Utang Yunani terhadap IMF akan jatuh tempo pada Jumat ini.

Di sisi lain, pasar saham Wall Street terkena koreksi setelah ada lonjakan di bunga obligasi Amerika Serikat (AS). Saham-saham emiten pembagi dividen ditinggal investor demi bunga yang lebih tinggi.? Untungnya, ada penguatan di saham-saham energi berkat naiknya harga minyak dunia, sehingga bisa mengurangi koreksi yang diderita bursa Paman Sam. Pelaku pasar juga optimistis Yunani akan segera mencapai kesepakatan dengan para krediturnya.

Pada penutupan perdagangan Selasa waktu setempat, Indeks Dow Jones melemah 28,43 poin (0,16%) ke level 18.011,94, Indeks S&P 500 menipis 2,13 poin (0,1%) ke level 2.109,6 dan Indeks Komposit Nasdaq turun 6,40 poin (0,13%) ke level to 5.076,52.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/pre-opening-ihsg-diperkirakan-bergerak-mixed-cenderung-melemah-26/