RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Positifnya bursa dunia diharapkan dapat memberikan dukungan. IHSG masih melanjutkan penguatan dengan membentuk pola doji serta adanya minat jual asing minggu lalu. Peluang penguatan terlihat masih akan dibatasi oleh adanya level psikologis 5,200.? ?Sehingga, diperkirakan IHSG akan bergerak di kisaran positif pada hari ini.

Pasar saham Amerika Serikat (AS) melanjutkan penguatan, seiring dengan kenaikan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang dunia. Kenaikan ditunjukkan oleh indeks Dow Jones Industrial Avg dan indeks S&P500 yang masing-masing menguat +0,33% dan +0,17% pada akhir pekan lalu.

Dari dalam negeri, biaya dana (cost of fund) perbankan mulai naik sejalan dengan kenaikan suku bunga acuan (BI rate). Hitungan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) biaya dana mulai naik 3 basis poin (bps) hingga 5 bps, sejak BI rate naik pertengahan November 2014 kemarin. Di sisi lain, kalangan perbankan juga menanti rapat dewan gubernur Bank Indonesia (RDG BI) selanjutnya, yang akan digelar pada 11 Desember 2014.

Jika indeks harga saham gabungan (IHSG) akan bergerak mixed dengan kecenderungan menguat. Indeks akan bergerak di rentang resistance 5.250 dan support 5.118.?? IHSG diperdagangkan di atas MA 200 harian. Pada perdagangan pekan lalu, IHSG ditutup menguat ke level 5.187.

Dari pasar Asia, pergerakan pasar saham dipengaruhi oleh resesi ekonomi yang dialami Jepang. Apresiasi pasar saham Asia ditunjukkan oleh indeks Nikkei 225 di Jepang yang naik +0,46% dan indeks KOSPI Composite di Korea Selatan yang menguat +0,01%.

Sementara harga kontrak berjangka (futures) komoditas kembali mengalami koreksi. Harga inyak mentah WTI turun -1,77% ke level USD 65,84 per barel. Sedangkan harga emas Comex terkoreksi -1,25% ke posisi USD 1.190,40 per troy ounce.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/pre-opening-awal-pekan-ihsg-diperkirakan-menguat-2/