RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Untuk IHSG ?hari diperkirakan bergerak cenderung melemah. IHSG diperkirakan berada dikisaran level 5.345-5.484.? Candlestick?IHSG membentuk pola inverted hammer, sehingga berpotensi membayangi pergerakan hari ini.?? Mulai adanya minat jual asing berpotensi memberikan tekanan. Sehingga, kami memperkirakan IHSG akan berada di kisaran negatif hari ini.

Hari ini diperkirakan IHSG akan bergerak berfluktuasi menguat, di kisaran 5.434-5,485, dengan RSI menguat meski Stochastic menurun, MACD bergerak turun dan berpotensi death cross, William %R, ROC dan MFI masih menguat, meski muncul?three black crows candle?dan penurunan harga kemarin diikuti dengan penurunan volume.

?Pergerakan IHSG ?pada perdagangan Kamis (5/3) ?ditutup menguat 0,05% pada level 5.450. Sektor perdagangan mengalami penguatan terbesar, namun pelemahan sektor properti konstruksi membatasi penguatan Indeks. Investor asing net sell Rp 208,2 miliar.

Indeks di bursa Wall Street ditutup menguat karena faktor positif dari berita aktivitas akuisisi emiten, menjelang data tenaga kerja yang akan dirilis nanti malam. ECB menyatakan siap untuk mulai melakukan program pembelian obligasi pemerintah pada pekan depan tanggal 9 Maret senilai 60 miliar euro.

Optimisme program QE tersebut akan mendorong pertumbuhan ekonomi area euro tahun ini menjadi 1,5% dari 1%, 1,9% pada 2016 dan 2,1% pada 2017. ECB optimis target inflasi tercapai dalam 3 tahun. Inflasi diprediksi tetap tahun ini, 1,9% pada 2016 dan 2,1% pada 2017.

Sementara itu data initial claims AS pekan lalu menunjukkan kenaikan jumlah tenaga kerja yang mengajukan klaim sebesar 7 ribu orang menjadi 320 ribu, lebih banyak dibandingkan perkiraan yang sebesar 295 ribu. Data factory orders secara tak terduga mengalami penurunan.

Di sisi lain, ?China menurunkan target pertumbuhan ekonominya tahun ini menjadi 7%, dari target tahun lalu 7,5%.?? Dow Jones dan bursa Eropa ditutup positif, setelah ECB (bank sentral Eropa) mengumumkan QE akan berlaku efektif pada 9 Maret mendatang.

Bursa Eropa ditutup menguat, setelah ECB (bank sentral Eropa), menetapkan tanggal dimulainya program pembelian obligasi dan menaikkan perkiraan pertumbuhan ekonomi Eropa.?? Bursa AS ditutup menguat, optimisme menjelang laporan data pekerjaan yang akan dirilis dan detil program QE yang digulirkan ECB.

Bursa Asia dibuka?mixed, karena pelemahan yen, dan optimisme menjelang rilis data pekerjaan AS dan detil program QE yang dilakukan oleh ECB.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/pre-opening-akhiir-pekan-ihsg-cenderung-melemah/