Untuk kamu yang sedang bingung mencari console game, ada baiknya kamu menyimak ulasan perbandingan antara Xbox One dan Playstation 4 ini ya. Jalantikus akan memberikan informasi kepada kamu tentang keunggulan dan kekurangan yang ada pada masing-masing perangkat. Selamat memilih!

Xbox One

  • Keunggulan
    Kinect Xbox One ini mampu menjalankan perintah suara dengan sangat baik jika dibandingkan dengan pendahulunya. Selain itu sensor kamera dapat menangkap gerakan secara lebih akurat. Game yang memaksimalkan fitur ini adalah Dead Rising 3.
  • Kekurangan
    Didominasi oleh game dari Microsoft yang dipenuhi oleh in-app-purchases. Contohnya pada game Forza Motorsport yang menawarkan mobil lebih cepat, item tersebut harus dibeli dengan uang asli.
  • Fitur Unik
    Kamu bisa memutar sebuah film Blu-ray dan melakukan streaming di berbagai sumber seperti Netflix, iPlayer dan lainnya. Selain itu perangkat multimedia all-in-one ini juga dilengkapi input HDMI yang membuat kamu bisa merekam siaran TV favorit. Fitur Snap juga bisa digunakan apabila kamu ingin melakukan panggilan melalui video Skype ketika sedang bermain game.
  • Controller
    Peningkatan controller pada Xbox One ini sebagian besar ada pada segi hardwarenya. Setiap trigger memiliki motor rumble sendiri. Dan dari segi desain, tombol A, B, X dan Y kini saling berdekatan. Selain itu tombol Start dan Back digantikan oleh Menu dan View. Controller ini secara keseluruhan terasa nyaman, namun tidak ada sesuatu yang luar biasa.

  • Konektifitas
    Xbox One ini dirancang untuk dapat dihubungkan dengan tablet atau ponsel pintar kamu. Aplikasi yang dinamakan Smart Glass ini mampu melakukan hal-hal seperti membeli film, membalas pesan atau hal lain pada Xbox One secara remote.
  • Sosial
    Kamu bisa memiliki Xbox Live Friends sebanyak 1.000 teman. Kamu juga dapat membuat sebuah grup atau party saat akan memainkan game bersama-sama. Kamu bisa menggunakan Kinect atau sebuah headset sebagai alat komunikasinya.
  • Kesimpulan
    Xbox One adalah pilihan yang tepat apabila kamu menginginkan sebuah perangkat yang multifungsi, untuk bermain game, video player, music player dan lainnya.

Playstation 4

  • Keunggulan
    PlayStation menawarkan kemudahan bagi para developer game dengan tidak menggunakan prosesor pada PS 3 terdahulu yaitu Cell. Hal ini tentunya akan membuat banyaknya game yang muncul di pasaran untuk kamu.
  • Kekurangan
    Menemukan judul game yang seru untuk dimainkan pada saat PlayStation 4 ini pertama kali muncul adalah hal yang sulit. Ada beberapa game yang seru namun ditunda perilisannya. Namun, game multi-platform seperti Assassin?s Creed memiliki tampilan yang lebih baik di PlayStation 4 daripada Xbox One.
  • Fitur Unik
    Adanya fitur Remote Play yang memungkinkan kamu untuk memainkan game Playstation 4 melalui PlayStation Vita. Tetapi sayangnya kamu akan menemukan sedikit lag pada fitur ini. Terlebih lagi apabila kamu tersambung dari jarak yang cukup jauh. Namun tetap saja ada keseruan tersendiri bila menggunakan PlayStation Vita sebagai controller.[li]

[li]Controller
DualShock 4 memberikan fitur dan tampilan yang baik dan seimbang, Trackpad dan speaker PlayStation 4 ini merupakan nilai tambahan tersendiri bagi perangkat ini. Pada game Killzone, Trackpad digunakan untuk memilih pilihan menu dan speaker dapat digunakan untuk memainkan log audio.

  • Konektifitas
    Selain menggunakan DualShock 4 dan PS Vita, kamu juga bisa menggunakan PlayStation Camera untuk mengendalikan PS 4 ini. Aksesoris ini dijual terpisah dari perangkat PS 4 sendiri. PlayStation Camera mampu menangkap gerakan serta suara kamu. Sayangnya pengenalan suara yang dimiliki sering tidak konsisten dan fitur pengenalan wajah seringkali juga meleset.
  • Sosial
    Dapat dikatakan fitur interaktif PS 4 ini sangat baik. Selain bisa menjalin pertemanan dengan 2.000 orang, kamu juga bisa chatting. PlayStation 4 ini juga bisa mengambil gambar ketika kamu sedang bermain serta merekam gameplay untuk kemudian dapat dibagikan ke teman-temanmu.
  • Kesimpulan
    PlayStation 4 memiliki desain yang sederhana. Hal ini mempertegas fungsi utama PS 4 sebagai console game. Jika kamu berpendapat bahwa kebutuhan bermain game adalah penting, kamu bisa menjadikan PlayStation 4 sebagai pilihan.

SUMBER: Jalantikus.com