PT Rifanfinancindo – JAKARTA – Pasar saham Asia naik tipis meskipun sebagian besar masih dalam pola bertahan, seiring dengan libur di Pasar Saham Amerika Serikat (AS). Saat ini investor masih menunggu keputusan kebijakan dari Reserve Bank of Australia.

Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang, .MIAPJ0000PUS, naik 0,1 persen, sementara pasar saham Australia tergelincir 0,3 persen menjelang pengumuman RBA.

Dari 33 ekonom yang disurvei oleh Reuters, Selasa (6/9/2016), berharap RBA terus mempertahankan policy mereka, terutama setelah serentetan data ekonomi optimistis.

Reserve Bank of Australia (RBA) telah mengeluarkan kebijakan easing pada Mei dan Agustus. Mereka diperkirakan akan berhenti sejenak dan melihat respons pasar terhadap ekonomi sebelum memutuskan apakah akan memberikan stimulus lebih lanjut.

Indeks saham Jepang Nikkei, N225, naik 0,1 persen dengan dolar stabil di angka USD103,47 per yen Jepang.

Awal pekan ini, Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda mengisyaratkan bank sentral Jepang siap untuk memperluas stimulus. Dia pun berharap investor sedikit lebih eksplisit tentang apa yang BOJ akan lakukan pada pertemuan berikutnya pada 20-21 September.

(mrt, Rifanfinancindo)

Sumber : Okezone