RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Perdagangan bursa komoditas berjangka di hari Jumat(26/6), harga emas dan perak terpantau alami kenaikan dengan diperdagangkan lebih tinggi setelah ditutup melemah ketika terjadinya lonjakan kenaikan pada aktifitas belanja oleh warga AS.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, emas berjangka pengiriman Agustus telah diperdagangkan lebih tinggi dengan mencatat kenaikan sebesar 0.22% di level $1.174.40 per troy ounce di divis Comex, New York Mercantile Exchange. Sejak pagi ini, harga emas terlihat telah? bergerak menyentuh level $1.172.00 untuk sesi terendah harian dan level $1.174.60 untuk sesi tertinggi harian.

Sedangkan untuk pergerakan perak berjangka pengiriman Juli juga terpantau naik dengan diperdagangkan lebih tinggi 0.22% di level 15.843 per troy ounce. Pergerakan harga perak pada pagi ini terlihat telah bergerak menyentuh level $15.803 untuk sesi terendah harian dan level $15.848 untuk sesi tertinggi harian.

Harga logam berjangka terlihat tengah mencoba menyusun kembali kenaikan pada pagi ini, setelah ditutup melemah di sesi sebelumnya. Penurunan yang dialami oleh emas maupun perak berjangka tersebut telah dipengaruhi oleh peningkatan yang terjadi pada aktifitas belanja konsumen warga AS.

Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Biro Analis Ekonomi mengatakan bahwa belanja konsumen AS telah mengalami kenaikan sebeasr 0.9% di bulan Mei, setelah alami kenaikan sebesar 0.1% di bulan April.

Di waktu yang bersamaan, sebuah laporan yang dirilis juga oleh Biro Analis Ekonomi menyatakan bahwa pendapatan pribadi warga AS telah alami kenaikan sebesar 0.5% di bulan Mei setelah naik sebesar 0.5% di bulan April.

Meski demikian, namun penurunan harga logam terlihat telah dibatasi oleh laporan dari Departemen Tenaga Kerja AS yang menyatakan bahwa angka klaim pengangguran Amerika telah alami kenaikan sebanyak 3.000 yang disesuaikan secara musiman menjadi 271.000 pada minggu yang berakhir 20 Juni.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/pasca-jatuh-emas-coba-bangkit-di-sesi-pagi/