RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Pergerakan pasar mata uang di hari Kamis(15/10), Aussie dollar terpantau alami penguatan terhadap dollar AS setelah dirilisnya laporan ekonomi Australia.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, pasangan AUDUSD terpantau menguat 0.18% dengan diperdagangkan pada level 0.7313.

Aussie dollar terpantau menguat terhadap dollar AS pada pagi ini setelah dirilisnya laporan ekonomi Australia. Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Biro Statistik Australia menyebutkan bahwa employment change Australia mengalami penurunan sebanyak 5.1K di bulan September setelah naik sebanyak 17.4K di bulan Agustus.

Di waktu yang bersamaan, sebuah data dari Biro Statistik Nasional juga melaporkan bahwa tingkat pengangguran Australia tetap tidak berubah dengan bertahan sebesar 6.2% di bulan September dari 6.2% di bulan Agustus.

Sementara itu, di sesi sebelumnya Aussie dollar juga terlihat mendominasi penguatan terhadap dollar AS ketika permintaan greenback dibayangi tekanan akibat melambatnya pertumbuhan ekonomi Amerika. Tanda ? tanda melemahnya pertumbuhan ekonomi tersebut telah diperlihatkan oleh sebuah data dari Biro Sensus yang menyebutkan bahwa penjualan ritel AS telah naik sebesar 0.1% di bulan September namun untuk penjualan ritel inti telah turun sebesar 0.3% di bulan September.

Laporan terpisah lainnya yang dirlis oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS menyatakan bahwa inflasi produsen AS telah alami penurunan sebesar 0.5% di bulan September dan untuk inflasi produsen inti telah turun sebesar 0.3% di bulan September.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/pasca-bukukan-kenaikan-audusd-lanjut-menguat-di-sesi-pagi/