RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Perdagangan bursa komoditas logam mulia di hari Senin(17/11), harga emas dan perak terpantau mengalami kenaikan dalam mengawali perdagangan minggu?ini, ketika tanda-tanda ekonomi AS terus melanjutkan pemulihan yang kuat.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, emas berjangka pengiriman Desember telah diperdagangakn lebih tinggi 0.27% di level $1.188.80 per troy ounce di divisi Comex, New York Mercantile Exchange, dimana harga emas terpantau menyentuh level $1.181.50 per troy ounce untuk sesi terendah harian dan level $1.193.60 untuk sesi tertinggi harian.

Sedangkan untuk perak berjangka pengiriman Desember telah diperdagangkan lebih tinggi 0.14% di level $16.337 per troy ounce, dengan menyentuh level $16.218 untuk sesi terendah harian dan level $16.453 untuk sesi tertinggi harian.

Pada pekan lalu, emas berjangka telah ditutup naik $24.10, atau 2.1% di level $1.185.60 per troy unce, yang merupakan level tertinggi sejak 30 Oktober, akan tetapi walaupun?telah berhasil ditutup lebih tinggi namun harga emas masih mencatat penurunan mingguan sebesar 0.4%.

Sementara itu pergerakan yang optimis yang dialami oleh harga emas hari Jumat lalu masih terbilang cukup rentan dalam beberapa waktu dekat ini, mengingat adanya indikasi bahwa penguatan pemulihan ekonomi AS akan mendorong Federal Reserve untuk segera mulai menaikkan suku bunga lebih cepat dan tentunya lebih cepat daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Tanda-tanda penguatan ekonomi AS telah diperlihatkan dari sebuah laporan Biro Sensus AS pada hari Jumat lalu yang berisikan bahwa penjualan ritel di wilayah ini telah mengalami kenaikan sebesar 0.3% di bulan Oktober. Laporan terpisah lainnya yang turut dirilis pada hari Jumat lalu telah dirilis oleh University of Michigan yang menyatakan bahwa sentimen konsumen juga mengalami kenaikan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 89.4 di bulan November.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/pagi-ini-harga-logam-alami-kenaikan/