RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Pergerakan pasar mata uang di hari Rabu(6/5), Aussie dollar terpantau melemah terhadap dollar AS setelah berhasil ditutup menguat pada sesi sebelumnya, ketika Bank Sentral Australia memangkas suku bunga mereka yang dilanjutkan dengan penurunan permintaan greenback akibat meluasnya defisit neraca perdagangan AS.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, AUDUSD melemah 0.07% di level 0.7937 dimana pasangan ini terpantau bergerak menyentuh level 0.7919 untuk sesi terendah harian dan level 0.7946 untuk sesi tertinggi harian.

Aussie dollar terpantau pelemahan terhadap dollar AS pada pagi ini setelah berhasil ditutup menguat di sesi sebelumnya ketika Bank Sentral Australia melakukan pemangkasan suku bunga di wilayah tersebut. Bank Sentral Australia memutuskan untuk melakukan pemangkasan tingkat suku bunga mereka sebesar 0.25%, yang disesuaikan secara musiman menjadi 2.0% dari 2.25%.

Dalam kesempatan kali ini, Bank Sentral Australia juga menjelaskan bahwa saat ini kondisi permintaan konsumen dan pasar tenaga kerja sedang mengalami peningkatan. Meski demkian, pelemahan pada belanja modal saat ini terlihat akan menjadi sebuah hambatan untuk pemulihan ekonomi di wilayah Australia.

Sementara itu, permintaan greenback juga terlihat menurun akibat meluasnya defisit neraca perdagangan di Amerika. Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Biro Analis Ekonomi menyatakan bahwa defisit neraca perdagangan AS meluas yang disesuaikan secara musiman menjadi -51.4B di bulan Maret dari -35.9B di bulan Februari.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/pagi-ini-aussie-dollar-sedikit-melemah/