RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Pergerakan pasar mata uang di hari Jumat(5/6), Aussie dollar terpantau alami sedikit penguatan terhadap dollar AS setelah mengalami penurunan tajam ketika membaiknya kondisi pasar tenaga kerja Amerika.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, AUDUSD menguat 0.01% di level 0.7685 dimana pasangan ini terlihat bergerak menyentuh level 0.7672 untuk sesi terendah harian dan level 0.7690 untuk sesi tertinggi harian.

Aussie dollar terlihat mencoba alami kenaikan pada pagi ini, setelah sebuah laporan resmi yang dirilis oleh AIG menyebutkan bahwa index konstruksi Australia mengalami kenaikan yang disesuaikan secara musiman menjadi 47.8 di bulan Mei dari 47.0 di bulan April.

Sedangkan di sesi sebelumnya, dollar Australia terlihat mendapat tekanan kuat terhadap greenback setelah angka klaim pengangguran Amerika mengalami penurunan yang disesuaikan secara musiman menjadi 276K dari 284K.

Sementara itu, perhatian pasar pada hari ini tengah berfokus kepada laporan NFP AS yang dijadwalkan akan dirilis pada pukul 19.30 waktu Jakarta. Sejalan dengan laporan tersebut, apabila pertumbuhan lapangan pekerjaan AS lebih cepat maka dollar Australia berpotensi mengalami pelemahan. Sebaliknya, jika pertumbuhan lapangan pekerjaan AS melambat, maka Aussie dollar berpeluang menguat terhadap greenback.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/pagi-ini-audusd-sedikit-menguat-2/