Tubuh yang sudah tercemar racun berbahaya dari rokok akan mengalami kekurangan vitamin dan nutrisi penting. Tentu saja, Anda harus segera menggantinya.

Menurut American Heart Association, 85-90 persen nikotin dalam darah akan dibersihkan oleh ginjal. Namun, ginjal tetap memerlukan nutrisi agar bisa bekerja secara optimal.

Para perokok disarankan untuk memakan buah dan sayuran untuk mempercepat proses pembuangan karena kedua makanan ini mengandung konsentrasi air yang tinggi.

Selain itu, makanan sehat juga akan membantu mengurangi tingkat keparahan dari efek negatif merokok, seperti sakit tenggorokan, batuk, mual, sakit kepala, insomnia, mudah marah dan cepat cemas.

1. Brokoli. Mengonsumsi brokoli amat disarankan bagi perokok. Kandungan antioksidan sulforaphan dalam brokoli membantu tubuh menghilangkan atau menetralkan karsinogen penyebab kanker. Sayuran hijau ini juga kaya akan vitamin C dan B5 karena kebiasaan merokok mengurangi kandungan vitamin C dalam tubuh.

Jeruk. Rasa asam dari jeruk ternyata bisa membantu membersihkan nikotin yang nempel di gigi dan mulut orang yang suka merokok. Selain itu, jeruk merupakan sumber vitamin C yang dapat menaikkan metabolisme tubuh dan meningkatkan tingkat vitamin C yang rendah dalam tubuh perokok.

2. Wortel. Jika Anda merokok sekali, maka nikotin akan tetap tinggal dalam tubuh selama 3 hari. Karena itulah, merokok membuat kulit Anda terlihat kusam. Wortel yang kaya akan vitamin A, C, B dan K membantu menghilangkan nikotin dari sistem tubuh.

3. Kiwi. Kiwi juga membantu membuang racun rokok yang tersimpan dalam tubuh. Buah berwarna hijau ini juga mampu mencegah impotensi akibat keseringan merokok.

4. Buah delima. Buah yang juga disebut buah pome ini merupakan makanan terbaik untuk menyingkirkan ketergantungan nikotin.

 

SUMBER : http://health.ghiboo.com/nutrisi-penting-bagi-perokok