RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Pergerakan pasar ekuitas Asia di hari Senin(9/3), index Nikkei terpantau dibuka dan diperdagangkan lebih rendah setelah dirilisnya serangkaian ekonomi Jepang, sedangkan yen terpantau menguat terhadap dollar AS pada pagi ini.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, index Nikkei Average telah diperdagangkan lebih rendah 0.5% di level 18.872.61, sedangkan untuk index Topix telah diperdagangkan lebih rendah 0.5% di level 1.533.83.

Pada sebuah laporan resmi yang dirilis oleh Kantor Kabinet menyatakan bahwa pertumbuhan domestik bruto di wilayah Jepang telah alami kenaikan 0.4% di kuartal empat, dengan merevisi kenaikan sebelumnya sebesar 0.6%.

Laporan lainnya yang dirilis oleh Menteri Keuangan telah menyatakan bahwa surplus transaksi berjalan di wilayah Jepang telah alami kenaikan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 1.06T di bulan Januari.

Selain itu, berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Bank Sentral Jepang menyatakan bahwa pinjaman yang dilakukan oleh warga Jepang alami kenaikan sebesar 2.5% di bulan Februari.

Sementara pada pergerakan pasar mata uang, yen terpantau menguat terhadap dollar AS dimana pasangan USDJPY melemah 0.13% di level 120.67.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/nikkei-dibuka-melemah-di-senin-pagi/