RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Jepang melaporkan surplus perdagangan bulanan pada hari ini, Rabu (22/4) seiring juga dari penurunan harga minyak dikurangi nilai Impor Sementara yen yang menguat dari dolar AS kini berbalik arah.

Neraca perdagangan surplus Y229.3 miliar. Pasar mengharapkan surplus Y47.9 milyar, menurut survei The Wall Street Journal. Ekspor naik 8.5%, sementara impor mengalami penurunan untuk bulan ketiga, geser 14.5%, seperti yang dilaporkan dari Departemen Keuangan. Penurunan harga minyak dunia adalah faktor tunggal terbesar yang mendorong neraca perdagangan ke surplus. Nilai impor minyak mentah jatuh 51% dari tahun sebelumnya, mengurangi harga minyak global selama setahun.

Pemulihan ekonomi dan pertumbuhan penduduk kelas menengah di Tiongkok telah meningkatkan permintaan untuk produk-produk Jepang. Tapi banyak ekonom mempertanyakan apakah neraca perdagangan akan terus meningkat. Karena menurut analis, tidak ada jaminan bahwa harga minyak mentah akan tetap rendah, ditambah ekonomi luar negeri juga dapat memperlambat lagi.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/neraca-perdagangan-jepang-membaik/