AKARTA – Amancio Ortega didaulat Wealth X sebagai orang terkaya kedua di dunia. Dia memiliki kekayaan sebesar USD66,8 miliar atau setara dengan Rp926 triliun (dalam Rp13.870 per USD). Pria yang berasal dari Negara Spanyol ini mendapat kekayaannya dari bisnis retail bernama Inditex. Inditex adalah perusahaan fashion terbesar di Spanyol.

Saat masih remaja, Ortega bekerja di toko baju setempat bernama Gala, yang saat ini masih berdiri di tempat yang sama di pusat kota La Coru?a. Tahun 1972, ia mendirikan Confecciones Goa sebuah toko yang menjual jubah mandi tenun yang diproduksi ribuan wanita setempat yang tergabung dalam beberapa koperasi jahit. Pada 1975, ia membuka toko Zara pertamanya. Zara merupakan bagian dari grup Inditex yang 59,29 persen sahamnya dipegang Ortega.

Kekayaannya pun terus meningkat seiring pertumbuhan Inditex, di mana sahamnya naik 34 persen tahun lalu. Penjualan naik 16 persen dan laba meningkat 20 persen untuk 9 bulan pertama tahun 2015, serta melakuakan ekspansi dengan membuka 230 toko baru di 48 pasar.

Inditex memiliki lebih dari 6.000 toko dengan merek Zara, Massimo Dutti, Oysho, Zara Home, Kiddy’s Class, Tempe, Stradivarius, Pull and Bear dan Bershka Jumlah karyawannya mencapai lebih dari 92.000 orang. Demikian dilansir dari Business Insider.

Meski kekayaannya begitu melimpah, Ortega tetap dengan rendah hati. Miliarder ini masih makan siang dengan karyawan di kantin perusahaan. Meskipun menjadi orang terkaya di industri fashion, pria yang kini berumur 79 tahun ini lebih suka memakai baju sederhana yakni kemeja putih dan blazer biru.

(mrt)

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/01/27/320/1298699/miliarder-terkaya-kedua-dunia-bos-zara-masih-makan-siang-di-kantin-biasa