RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Perdagangan bursa komoditas logam mulia di hari Jumat(16/1), harga emas dan perak terpantau alami penurunan dengan diperdagangkan lebih rendah meski tetap terdukung untuk berada dekat dengan level tinggi 4 bulan.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, emas berjangka pengiriman Februari telah diperdagangkan lebih rendah 0.25% di level $1.261.70 per troy ounce di divisi Comex, New York Mercantile Exchange. Pergerakan harga emas pada pagi hari ini terpantau menyentuh level $1.259.40 untuk sesi terendah harian dan level $1.264.00 untuk sesi tertinggi harian.

Sedangkan untuk perak berjangka pengiriman Maret juga terlihat alami penurunan dengan diperdagangkan lebih rendah 0.40% di level $17.033 per troy ounce dengan terpantau bergerak menyentuh level $16.908 untuk sesi terendah harian dan level $17.053 untuk sesi tertinggi harian.

Beragam hasil laporan ekonomi AS tadi malam yang memperlihatkan bahwa terjadinya penurunan pada beberapa sektor seperti pasar tenaga kerja dan manufaktur telah mendorong harga emas mengalami rally kuat mendekati level tinggi 4 bulan.

Kenaikan pada harga emas tadi malam telah diawali oleh melemahnya kondisi pasar tenaga kerja AS berdasarkan laporan dari Departemen Tenaga Kerja AS yang menyatakan bahwa angka klaim pengangguran mengalami kenaikan sebanyak 19.000, yang disesuaikan secara musiman menjadi 316.000 pada pekan yang berakhir 10 Januari.

Dukungan lain yang juga memberikan harga emas alami rally pada Kamis malam kemarin telah datang dari sebuah laporan resmi Federal Reserve wilayah Philadelphia yang menyatakan bahwa index manufaktur Philadelphia alami penurunan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 6.3 di bulan Desember.

Sementara itu, penundaan kenaikan suku bunga oleh The Fed terlihat mendukung harga emas mengalami bullish saat ini, ketika hal ini telah menurunkan relatif biaya bagi pemilik logam mulia.

Faktor lain yang juga mendorong rally yang dialami emas juga terlihat setelah Swiss National Bank mengumumkan bahwa mereka menolak untuk melanjutkan minimal nilai tukar terhadap euro sebesar 1.20 per euro, dan dilanjutkan dengan pemangkasan tingkat suku bunga ke wilayah negatif.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/meski-harga-emas-turun-namun-masih-dekat-level-tinggi-4-bulan/