PT Rifan Financindo – JAKARTA – Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan bahwa saat ini produksi jagung tengah berlimpah pada berbagai daerah. Hal ini disebabkan karena pemerintah telah menjamin harga jual jagung pada tingkat petani. Salah satunya adalah produksi jagung di Gorontalo beberapa waktu lalu.

“Yang paling menggembirakan adalah jagung. Produksi Gorontalo baik 40 sampai 60 persen karena harga dijamin oleh pemerintah Rp3.150 per kg,” jelasnya ketika acara diskusi dengan petani di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (29/8/2016).

Saat ini, lanjutnya, untuk meningkatkan kualitas jagung di Indonesia, maka pemerintah akan menyediakan lahan khusus untuk pengembangan produksi jagung. Tak hanya petani, importir pun juga dapat memanfaatkan lahan ini agar dapat memperoleh pasokan dari dalam negeri.

“Kami sudah sepakat dengan Mendag membangun sinergi dengan petani dan kami ingin beri kawasan khusus, ada 40 importir jagung, kami berikan kawasan khusus, kami beri anggaran Rp2 triliun hingga Rp3 triliun,” jelasnya.

Selain jagung, Mentan juga menargetkan akan menekan impor gandum. Diharapkan, tahun depan impor ini akan dihentikan.

“Impor kita turun 60 persen sampai hari ini. Memang ada peningkatan gandum tapi tahun depan impor bisa kita hentikan. Bawang juga demikian,” tutupnya.

(rzy)

Sumber : Okezone

 

Anjlok Terdalam, Ini Batas Terendah IHSG

PT Rifan Financindo – JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terpuruk siang ini. IHSG bahkan tercatat sebagai indeks yang melemah paling dalam di antara indeks Asia lainnya.

Pantauan Okezone, Senin (29/8/2016), IHSG tutun 66,64 pon atau 1,24 persen menjadi 5.371,92. “Test support di 5.361,” ungkap Daewoo Securities Indonesia dalam risetnya, Senin (29/8/2016).

Saat ini, IHSG secara umum masih bergerak dalam dalam pola uptrend jangka panjang yang masih relatif valid mengingat nilai r-squared = 0,9175 yang berarti hanya sekitar 8,25 persen indeks ini berada di luar pergerakan normalnya atau sekitar 4 bar chart.

Rentang volatilitas pergerakan normal indeks ini berada antara +/-1.73 std. Deviasi dari centerline. Indikator MFI Optmized dan W%R Optimized saat ini akan menguji support trendline. Resistance terdekat saat ini di level 5,417-5.428.

IHSG sudah mendekati support normal pada periode daily dan support satu untuk periode weekly. Sementara itu untuk periode bulanan masih berada sekitar rata-rata. Untuk mampu naik kembali, indeks ini harus mampu bertahan minimal di atas level 5.404.

(wdi)

Sumber : Okezone