RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Pergerakan pasar mata uang di hari Senin(30/3), dollar Aussie terpantau melemah terhadap greenback ketika pasar tengah mencerna hasil laporan ekonomi Amerika terakhir pada pekan lalu guna mengukur kembali waktu kenaikan suku bunga di wilayah AS.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, AUDUSD melemah 0.43% di level 0.7722 dimana pasangan ini terpantau bergerak menyentuh level 0.7716 untuk sesi terendah harian dan level 0.7748 untuk sesi tertinggi harian.

Pagi ini dollar Aussie terpantau melemah terhadap greenback, setelah alami kenaikan akibat menurunnya perkiraan kenaikan suku bunga di wilayah Amerika dalam jangka pendek yang disertai oleh pertumbuhan ekonomi AS yang sedikit lebih melambat.

Pada hari Jumat kemarin, sebuah laporan resmi yang dirilis oleh Departemen Perdagangan AS menyatakan bahwa pertumbuhan domestik bruto di wilayah Amerika tengah alami kenaikan sebesar 2.2% di kuartal empat, dimana tidak alami perubahan hasil bulan sebelumnya sebesar 2.2%.

Laporan terpisah lainnya yang dirilis pada Jumat lalu oleh University of Michigan menyatakan bahwa sentimen konsumen Amerika telah alami kenaikan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 93.0 pada bulan Maret dari 91.2 bulan Februari.

Sementara itu, gejolak pergerakan dollar Aussie hari ini juga akan dipengaruhi oleh laporan ekonomi AS yang diantaranya sebuah laporan belanja konsumen Amerika dan diikuti dengan laporan penjualan rumah tertunda.

JIka hasil laporan ekonomi Amerika memperlihatkan penguatan maka berpotensi untuk menekan dollar Aussie alami pelemahan dan apabila ekonomi AS tumbuh melambat peluang bagi dollar Aussie mengalami penguatan bisa terjadi.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/mengawali-pekan-ini-dollar-aussie-kembali-tertekan/