PT Rifan Financindo – JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyiapkan skemapembiayaankhusus, Mandiri eBiz financing, bagi 40 jaringan retailer PTMitraMajuMapan (MMM) yang merupakan distributor Semen Gresik.

Dalam skema ini retailer Mitra Maju Mapan dapat memanfaatkan pembiayaan Bank Mandiri untuk membayar tagihan kepada distributor sesuai siklus penjualan, maupun untuk memenuhi kebutuhan modal kerja umum lainnya. Dengan demikian, Mitra Maju Mapan sebagai distributor akan mendapatkan kepastian pembayaran yang lebih cepat, meningkatkan penjualan, serta mengurangi risiko penagihan.

?Pada akhirnya, produk ini juga akan menguntungkan Semen Gresik sebagai prinsipal karena akan memperbaiki cash flow serta mendongkrak volume penjualan semen,? ujar Group Head Small Business Bank Mandiri Hermawan di Jakarta kemarin. Menurut dia, dengan pola solusi end-to-end yang menguntungkan prinsipal, distributor, hingga retailer ini, perseroan berharap produk ini juga dapat dimanfaatkan oleh jejaring korporasi besar lainnya dalam mengembangkan bisnis.

Hermawan mengatakan, nominal pinjaman yang diberikan kepada setiap retailer maksimal sebesar Rp1 miliar, yang disesuaikan dengan kebutuhan serta berdasarkan rekomendasi dari distributor, yakni PT Mitra Maju Mapan. Sejauh ini, perseroan telah menjalin sinergi dengan Semen Gresik sebagai prinsipal dalam berbagai hal, baik yang bersifat finansial untuk pembiayaan modal kerja dan investasi serta transactional financing, maupun yang bersifat nonfinansial seperti banking services (e-chanel, payment gateway ) dan financial advisory.

Bagi jaringan distributor Semen Indonesia Group, misalnya, Bank Mandiri telah mengucurkan pembiayaan sebesar Rp2,3 triliun hingga akhir Juni 2016, yang digunakan untuk pembiayaan transaksional. Sedangkan kepada Semen Gresik, pada Juni lalu emiten BUMN ini mengucurkan fasilitas kredit senilai total Rp3,96 triliun untuk pengembangan usaha.

(rai)

Sumber : Okezone