Rifanfinancindo – PALEMBANG – Mudik, banyak hal yang akan terbayang di pikiran Anda setelah membaca kata ini. Entah itu sanak saudara di kampung, Lebaran yang makin dekat, ataupun padatnya lalu lintas selama perjalanan mudik. Namun, sama seperti banyak hal yang Anda ingat setelah membaca kata tersebut, banyak juga yang harus Anda persiapkan menjelang mudik. Seperti ongkos, biaya makan selama di perjalanan, biaya hidup di kampung, juga tidak lupa biaya oleh-oleh untuk sanak saudara di kampung.

Namun, ada satu hal yang Anda juga harus ingat, bahwa ada kehidupan yang akan terus berlanjut usai mudik Lebaran. Tanpa disadari, Anda sering kali tidak memikirkan atau meremehkan hal tersebut, yang akhirnya membuat Anda kehabisan uang usai sepulangnya dari kampung halaman. Akan tetapi, hal tersebut dapat Anda atasi dengan melakukan hal-hal berikut.

Apa saja yang harus Anda lakukan agar tidak bangkrut usai Mudik Lebaran?

1. Anggarkan sejak Awal

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan perencanaan anggaran sejak awal atau bahkan jauh-jauh hari sebelum Lebaran datang. Anggarkan semuanya dalam beberapa bagian, seperti zakat, THR, akomodasi, ataupun rekreasi. Jangan lupa anggarkan juga pengeluaran hidup yang Anda butuhkan pasca-Lebaran.

2. Disiplin

Setelah menganggarkan dana yang dimiliki, disiplinlah dengan anggaran yang telah Anda buat. Jangan tergoda untuk membelanjakan lebih dari perencanaan yang Anda buat. Misalkan, untuk Lebaran tahun ini, Anda menganggarkan dana sebesar Rp1 juta untuk 1 minggu. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk tetap berdisiplin dalam anggaran adalah merencanakan apa saja yang akan dilakukan di kampung halaman nanti. Seperti untuk makan-makan, rekreasi, sampai dengan membeli oleh-oleh. Ingat uang Anda untuk acara itu terbatas loh!

3. Kurangi Dana dalam Bentuk Tunai

Cara lain yang dapat Anda lakukan agar tidak bangkrut pascamudik Lebaran adalah membawa sedikit uang tunai. Gantilah uang tunai Anda dalam bentuk debit atau kartu kredit. Selain akan lebih aman dan praktis, kesulitan dalam bertransaksi tentu saja akan membuat Anda enggan dan malas untuk berbelanja. Cara ini akan memudahkan Anda untuk menghemat uang dan disiplin pada anggaran.

4. Sisakan THR Anda

Kali ini dibutuhkan pengendalian diri Anda dalam melakukannya. Pasalnya, Anda sering kali ingin berbelanja lebih ketika Lebaran tiba. Hal ini tentu saja didukung oleh uang tunjangan hari raya (THR) yang Anda dapatkan sebelum Lebaran tiba. Meskipun THR memang untuk berbelanja segala keperluan Lebaran atau kebutuhan lainnya, namun akan lebih bijak jika menyisakan sedikit dari THR tersebut sebagai dana darurat Anda. Untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi seperti sakit atau masalah keuangan lain pascamudik Lebaran.

5. Pesanlah Tiket dari Jauh-jauh Hari

Hal yang satu ini juga dapat Anda lakukan untuk menghemat uang pascamudik Lebaran. Memesan tiket mudik jauh-jauh hari memungkinkan Anda untuk mendapatkan tiket dengan harga yang lebih murah. Tipsnya adalah Anda harus rajin mengecek serta membandingkan harga promosi satu maskapai ke maskapai lainnya. Keuntungannya tentu saja Anda akan dapat menyimpan sisa uang dari budget membeli tiket tersebut untuk nanti digunakan pascamudik Lebaran.

6. Susun Rencana Keuangan Lagi

Dalam hal ini, Anda harus mengutamakan kebutuhan yang akan muncul ke depan, bukan keinginan. Hal ini berguna untuk meminimalisasi pemborosan, terutama pasca-Lebaran. Beli hal-hal yang memang benar-benar perlu. Misalnya utamakan kebutuhan makan serta pembayaran tagihan yang mungkin akan segera muncul. Selain itu, Anda harus menahan sementara keinginan untuk membeli barang yang kurang penting. Tujuannya adalah agar Anda dapat menutup sedikit demi sedikit tabungan yang banyak terpakai saat Lebaran.

7. Buatlah Mudik Anda Menyenangkan

Banyak hal yang dapat Anda lakukan agar tidak bangkrut usai mudik lebaran. Namun, apa pun itu, pastikan Anda tidak terbebani untuk melakukannya apalagi sampai mengganggu mudik yang telah direncanakan jauh-jauh hari atau bahkan satu tahun sebelumnya. Bukankah mudik adalah momen menyenangkan yang selalu Anda tunggu setiap kali Ramadan tiba? Jadi persiapkan segala sesuatunya dengan baik dan yang terpenting adalah persiapkan fisik dengan menjaga pola makan serta tidur yang cukup. Agar tidak mengganggu perjalanan mudik Anda nantinya, buatlah mudik Anda menyenangkan, teman cermat.

(rzk)

Sumber : Okezone

Rifanfinancindo