JAKARTA – PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) telah melakukan pembelian kembali obligasi melalui mekanisme pembelian kembali atau Exchangable Bonds (EB) yang dikeluarkan oleh salah satu perusahaan investasi Perseroan, yaitu Delta Investment Hotizon Ltd sebesar USD17,3 juta.

Direktur keuangan Saratoga Jerry Ngo mengatakan, aksi yang di lakukan pada Mei kemarin itu dimaksudkan untuk mengurangi utang. EB tersebut diikuti dengan pembatalan surat utang dari seluruh EB yang telah dibeli kembali tersebut. Sehingga, jumlah pokok jaminan atau Guaranteed Exchangable Bonds berkurang dari total USD100 juta menjadi USD82,7 juta.

“Keputusan manajemen membeli kembali EB ini memberikan dampak positif kepada arus kas sebesar USD2,7 juta serta juga mengurangi jumlah utang perseroan. Inisiatif tersebut mengonfirmasi bahwa model bisnis investasi aktif Saratoga terbukti efektif dalam memonetisasi dan berinvestasi untuk perusahaan-perusahaan investasinya,” terangnya di Gedung Tempo Scan, Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Menurut Jerry transaksi tersebut juga sangat berguna bagi kinerja perseroan yang bergerak di bidang investasi. Dia mengungkapkan pada kuartal I 2016 pihaknya telah melakukan investasi di sektor rantai pasokan logistik dengan temperatur atau cold-chain logistic tertentu dengan mengakuisisi saham PT Mulia Bosco Logistik.

“Transaksi tersebut memberikan peluang yang sangat baik bagi Saratoga dalam membangun platform pertumbuhan uang lebih kuat di sektor cold-chain logistic,” ujarnya.

Jerry juga mengatakan, dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), perseroan juga memutuskan untuk memulai menerapkan laporan keuangan berdasarkan Pernyataan Database Akuntansi Keuangan (PSAK) 65, Pengecualian Konsolidasian, yang mulai berlaku efektif sejak 1 Januari 2015.

“Penerapan PSAK 65 diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas dan akurat akan kinerja perseroan yang merefleksikan model bisnis Saratoga yang efektif dalam melalukan investasi, mendorong pertumbuhan serta memonetisasi peluang dan bagi perusahaan investasinya,” pungkasnya.

(mrt)

Sumber : Okezone