JAKARTA – Pihak yang mengantisipasi kemungkinan gangguan ekspor minyak di tengah ketegangan politik antara Arab Saudi dan Iran mungkin akan kecewa. Pasalnya, Seorang Analis JP Morgan memprediksi harga minyak akan cenderung tetap melemah dalam waktu dekat.

Harga minyak lebih tinggi di perdagangan Asia pada Selasa setelah penurunan pada Senin malam. Naik tipisnya harga minyak menjadi penenang ketegangan geopolitik di Timur Tengah yang memicu kekhawatiran gangguan ekspor.

Seperti diketahui, harga minyak WTI (West Texas Intermediate) AS sempat naik 0,8 persen ke level USD37,05 per barel sementara harga minyak mentah Brent naik 0,8 persen menjadi USD37,53 per barel.

Sebelumnya, harga minyak mentah anjlok pada Senin setelah Arab Saudi mengumumkan akan memutus hubungan diplomatiknya dengan Iran. Hal ini sebagai buntut dari aksi demonstran Iran yang menyerbu kedutaan Arab Saudi di Teheran.

“(Apa yang terjadi) kemarin mencerminkan risiko geopolitik menambah volatilitas di pasar, tapi pada dasarnya kami tidak percaya ekspor minyak akan terganggu dalam waktu dekat karena masalah geopolitik Arab dan Iran ini,” papar Kepala Bank Penelitian Migas Daerah Scott Darling melansir CNBC, Kamis (7/1/2016).

Meskipun dedengkot organisasi negara pengekspor minyak dunia (OPEC), Arab menegaskan tidak akan memotong jumlah produksi untuk menekan produsen kecil di pasar minyak, penyesuaian pasokan minyak di AS terus dilakukan.

“Kita sudah antisipasi dari jauh hari,” kata dia.

Sekedar informasi, harga minyak masih berada di kisaran USD37 per barel, masih di posisi terendah dalam bertahun-tahun setelah OPEC menolak untuk menurunkan pasokannya 30 juta barel per hari pada bulan Desember.

Namun, JP Morgan meramalkan harga patokan minyak Brent global pada USD35 per barel untuk kuartal pertama dengan pemulihan bertahap di sepanjang 2016 untuk memukul rata harga minyak lebih dari USD50 per barel untuk setahun penuh.(rai)

(rhs)

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/01/06/320/1282080/konflik-arab-dan-iran-tak-akan-ganggu-ekspor-minyak-dunia