PT Rifan Financindo – SORONG – Deputi Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Agung Kuswandono mengatakan kebutuhan listrik nelayan termasuk di Papua Barat harus terpenuhi sehingga mereka dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan.

Agung Kuswandono di Sorong, Jumat, mengatakan nelayan tanpa listrik tidak akan berkembang maju serta tidak dapat meningkatkan pendapatan.

Dia mengatakan kebutuhan listrik nelayan harus terpenuhi sehingga nelayan dapat menyimpan ikan lebih lama serta dapat mengembangkan industri perikanan.

“Tahun ini kita mendorong Kementerian Kelautan dan Perikanan, PT PLN bersama Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan Papua Barat membangun pabrik es untuk memenuhi kebutuhan nelayan setempat,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan instansi terkait terutama PLN karena pabrik tersebut tidak akan beroperasi tanpa listrik.

“Kami akan mendorong agar kebutuhan listrik industri perikanan nelayan di Pulau Saonek Kabupaten Raja Ampat dapat terpenuhi,” kata dia pula.

Menurut dia, Indonesia adalah negara maritim yang memiliki banyak pulau dan belum semua masyarakat pesisir terutama pulau terluar dapat menikmati listrik.

Pemerintah dengan cita-cita membangun Indonesia sebagai negara maritim yang kuat akan berupaya agar kebutuhan listrik dan sarana pendukung nelayan khususnya di Papua Barat dapat terpenuhi.

(rzy)

Sumber : Okezone