JAKARTA – Dalam kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kali ini, Gubernur Aceh, Zaini Abdullah sempat meminta kepada Presiden Jokowi agar Lhokseumawe mendapatkan status sebagai kawasan ekonomi khusus.

Merespons keinginan tersebut, Presiden Jokowi mengungkapkan keinginan yang senada dengan apa yang diharapkan oleh Gubernur Aceh tersebut.

“Saya perlu menyampaikan bahwa kawasan ini harus dihidupkan kembali. Karena di sini ada pabrik kertas Aceh, pupuk Iskandar Muda, ada juga pupuk AAF. Industri semen juga ini harus dihidupkan kembali,” ujar Presiden Jokowi seperti yang disampaikan Tim Komunikasi Presiden, Jakarta, Kamis (2/6/2016).

“Tadi malam saya sudah sampaikan ke Pak Gubernur, diskusi dengan menteri BUMN, agar segera dicarikan solusi hambatan di lapangan,” tambah dia.

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menginginkan pembangunan Tol Trans-Sumatera di Aceh segera dimulai tahun ini. Presiden berharap kepada pemerintah daerah untuk segera menyelesaikan pembebasan lahan agar pembangunan jalan tol dapat segera dilakukan.

“70 tahun kita merdeka itu hanya bisa bangun tol 810 km. Yang saya minta dalam lima tahun ini 1.000 km. Tidak usah ditepuki karena di Tiongkok itu setiap tahun bisa membangun jalan tol antara 4.000-5.000 km. Kalau negara lain bisa, mestinya kita juga bisa,” tandasnya.

(mrt)

Sumber : Okezone