RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Pergerakan pasar mata uang di hari Selasa(10/11), euro terpantau mengalami pelemahan terhadap beberapa mata uang utama dunia ditengah meningkatnya spekulasi bahwa Bank Sentral Eropa akan melakukan pemangkasan tingkat suku bunga di bulan Desember mendatang.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, pasangan EURUSD terpantau melemah 0.01% dengan diperdagangkan pada level 1.0751. Sedangkan terhadap pasangan mata uang lainnya, dengan EURGBP terpantau flat di level 0.7114 dan untuk EURJPY melemah 0.05% di level 132.36.

Euro terlihat mendapat tekanan untuk alami pelemahan jelang siang ini akibat meningkatnya spekulasi bahwa Bank Sentral Eropa akan melakukan pemangkasan tingkat suku bunga pada bulan Desember mendatang.

Di bulan Oktober kemarin, Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi juga telah mengindikasikan bahwa bank sentral bisa memperluas program stimulus mereka di bulan depan guna melawan penurunan inflasi yang terus terjadi di wilayah zona euro.

Sementara ketika memasuki perdagangan Eropa sore ini, pergerakan euro diperkirakan akan kembali bergejolak ditengah terdapatnya jadwal laporan fundamental ekonomi Eropa. Laporan tersebut meliputi sebuah data hasil industri Perancis dan ECOFIN meetings. Laporan fundamental ekonomi AS yaitu sebuah data index usaha kecil dan harga impor Amerika juga menjadi faktor lain sebagai pemicu gejolak pergeseran euro.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/jelang-siang-eurusd-terpantau-melemah/